Tarian Soka Leu Lembata Pukau Penonton di Labuan Bajo

Peserta Tarian Soka Leu dari Kabupaten Lembata mampu menghipnotis ribuan penonton. Merekam tampil sebagai peserta pertama dalam pementasan Tarian daer

Tarian Soka Leu Lembata Pukau Penonton di Labuan Bajo
Foto/Dokumen Pribadi Sanggar Mura Tite
/Peserta Tarian Soka Leu dari Kabupaten Lembata mampu menghipnotis ribuan penonton. Merekam tampil sebagai peserta pertama dalam pementasan Tarian daerah dalam rangka Promosi Pameran Pariwisata, Festival Seni dan Budaya, Daratan Flores dan Lembata (Florata ) 2019  yang dilaksanakan di Lapangan Kampung Ujung Labuan Bajo, Rabu (31/7/2019) Malam.  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-LEWOLEBA- Peserta Tarian Soka Leu dari Kabupaten Lembata mampu menghipnotis ribuan penonton. Merekam tampil sebagai peserta pertama dalam pementasan Tarian daerah dalam rangka Promosi Pameran Pariwisata, Festival Seni dan Budaya, Daratan Flores dan Lembata (Florata ) 2019  yang dilaksanakan di Lapangan Kampung Ujung Labuan Bajo, Rabu (31/7/2019) Malam. 

 
Lenggokan pinggang para penari, kekompakan dalam gerakan mempu membisukan mulut para penonton. Hanya tatapan tajam yang tak pernah redup, secara saksama menikmati suguhan tarian yang luar biasa.  Iringan musik gong, dendang, angklung dan suling  begitu apik. Apresiasi yang meriah dari penonton pun tak terbendung.

Penata Tari, Hendrikus Dawan Ola, seusai pentas ketika dihubungi merasa bangga karena penampilan yang sangat luar biasa dari anak-anak sanggar Mura Tite, SMA Negeri 1 Nubatukan.

Telkomsel dan Eraya Group Berkolaborasi, Ini yang Dihasilkan

“Anak-anak tampil luar biasa. Mengeluarkan semua kemampuan mereka secara maksimal. Pesan yang terkandung dalam tarianpun tersampaikan dengan baik” ungkap Hendrikus, yang juga guru pada SDK 1 Lewoleba.

Lebih lanjut, Hendrikus menjelaskan, makna dari tarian Soka Leu, diramu dari kegiatan keseharian masyarakat 9 kecamatan di Lembata yang mana kegiatan masyarakat itu berjalan lancar karena ada orang yang memimpin.

Alex Lajar, Penata Musik Tarian Soka Leu, juga mengungkapkan hal yang sama.

“Anak-anak sangat energik. Mereka mampu tampil prima. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk Lembata. Lewat tarian ini kita mau menunjukan bahwa kami di Lembata juga kaya akan seni dan budaya”, tegas Alex Lajar, yang juga guru di SMA Negeri 1 Nubatukan, Lembata. 

Sebagaimana diterangkan dalam sinopsis yang disusun oleh tim sanggar, Tarian Soka Leu merupakan tarian garapan baru. Berasal dari arti namanya Soka Leu yaitu Tarian Kampung. Tarian Soka Leu menggambarkan keperkasaan, kelincahan, semangat juang dan keberanian seorang pemimpin yang memperhatikan keberagaman kehidupan masyarakat yang bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang diawali dengan ucapan syukur kepada Tuhan.

Gerak-gerak Tarian Soka Leu dinamis, lincah, dan gagah dengan menggerakan properti tari berupa parang busur, anak panah dan alu.

Barito Putera vs Persib Bandung, Persija Jakarta Vs Arema FC, Ini Jadwal Liga 1 2019 Pekan 12

Tarian ini ditarikan oleh 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Laki-laki berburu, membersihkan lahan, serta memainkan permainan HADOK/Tinju Tradisional dan perempuan melakukan kegiatan memintal benang/Tenue, menenun, serta kegiatan lain berupa menumbuk padi dengan menggunakan alu.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, Tarian Soka Leu juga menggambarkan persatuan dan kebersamaan masyarakat Lembata dalam membangun kampung halamannya. Hal itu terlihat dari para penari yang bergandengan tangan dan juga berkumpul menjadi satu untuk bersole oha dan berbeku bersama. Mereka menari tanpa membedakan jenis kelamin, status sosial dan lain-lain.

Tarian Soka Leu ini dibawakan oleh para siswa siswi SMAN 1 Nubatukan Lewoleba Lembata dan menghadirkan Penata Musik Michael Alexander Carolus Botoor, penata busana Didimus Ratu Lejap, Penata Rias Hendrikus Dawan dan Asesoris  properti Mariosca Galeri Lembata. (*)

 

 

Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved