VIDEO: Inilah Keramik Batu Warna Kolbano, TTS

VIDEO: Inilah Keramik Batu Warna Kolbano, TTS. Keramik tersebut hasil karya pengrajin asal tiga desa di Kecamatan Amanuban Selatan, TTS, NTT.

VIDEO: Inilah Keramik Batu Warna Kolbano, TTS

POSKUPANG.COM, SOE – VIDEO: Ini Keramik Batu Warna Kolbano Dipamerkan di Bursa Inovasi Desa Zona 3.

Ada kabar baik dari SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) untuk seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Saat ini, pengrajin di Desa Kolbano, Pane Selatan dan Noesiu di TTS, memproduksi keramik unggulan daerah itu. Keramik tersebut berbahan dasar batu warna Kolbano.

Keramik batu warna itu, kini sedang dipamerkan di Desa Polo, Kecamatan Amanuban Selatan, TTS. Pameran keramik itu pada acara Bursa Inovasi Desa Zona 3, yang dimulai pada Selasa (30/7/2019).

VIDEO: Satpol PP Bongkar Lapak Pedagang Kelapa. Lihat Aksi Mereka

VIDEO: Kemkominfo RI Sosialisasi GenBest di Mbay

VIDEO: Pengukuran Tanah di Fatutuli, Nyaris Ricuh

Bursa Inovasi Desa Zona 3 tersebut, meliputi beberapa kecamatan di Kabupaten TTS, yakni Kecamatan Amanuban Selatan, Kualin, Kolbano, Kot'olin dan terakhir, Kecamatan Kuanfatu.

Dan, keramik batu warna itu dipamerkan pada stand Kecamatan Kolbano.  Keramik batu warna tersebut, merupakan hasil kreasi masyarakat tiga desa, yaitu Desa Kolbano, Pene Selatan dan Noesiu.

Di tangan-tangan warga yang kreatif itu, batu warna Kolbano disulap menjadi keramik. Cantik sekali. Kreasi batu warna Kolbano juga dibentuk menjadi pot bunga dengan berbagai ukuran.

Decky Taupan, salah satu pengrajin keramik batu warna dari Desa Pene Selatan kepada pos kupang.com mengatakan, pembuatan keramik batu warna Kolbano sudah mulai dirintis sejak tahun 2017.

Dengan ketekunan dan terus berlatih, saat ini warga Desa Pene Selatan sudah mampu  menghasilkan keramik batu warna Kolbano 30 hingga 50 lempeng keramik dengan aneka motif dan ukuran.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved