VIDEO: Camat dan Warga Empang Kali Panite di Bena, NTT

VIDEO: Camat dan Warga Empang Kali Panite di Bena, NTT. Pengempangan itu untuk memaksimalkan lahan persawahan di dataran Bena.

VIDEO: Camat dan Warga Empang Kali Panite di Bena, NTT

POSKUPANG.COM,SOE – VIDEO: Camat dan Warga Empang Kali Panite di Bena, NTT.

Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan ( Forkompimcam) Amanuban Selatan yang terdiri camat, danramil dan kapolsek bersama masyarakat mengempang kali Penite, tepatnya di Sipon Ofatu.

Dalam kegiatan yang berlangsung Jumat (12/7/2019) itu, melibatkan sejumlah desa, di antaranya Bena, Polo, Kiubaat dan beberapa desa tetangga lainnya yang punya sawah di dataran Bena.

VIDEO: PDAM Tirta Cendana Gelar Gebyar Undian Berhadiah. Ini Tujuannya

VIDEO: Kejari Belu, NTT Taman Manggrove di Pantai Afuik

VIDEO: Expo Tenun Ikat Sumba Top Even Festival Indonesia

Pengempangan kali tersebut bertujuan untuk memaksimalkan air kali untuk keperluan irigasi persawahan dataran Bena.

Air yang diempang itu selanjutnya diarahkan menuju pintu air untuk dialirkan ke ke saluran irigasi persawahan bena.

Kerja bakti yang melibatkan ratusan masyarakat ini meliputi, pemasangan patok, mengisi karung dengan lumpur atau pasir lalu menyusun karung yang sudah berisi lumpur atau pasir sesuai patok yang ditanam.

Empangan yang dibangun dalam kerja bakti tersebut, setinggi 1,5 meter dengan panjang hampir 25 meter.

"Untuk menyukseskan musim tanam kedua, maka kita harus memaksimalkan air kali yang ada. Salah satu cara adalah mengempang kali Panite, lalu mengarahkan airnya masuk ke saluran irigasi,” ujar Camat Amanuban Selatan, John Asbanu.

Atas tujuan tersebut, lanjut dia, hari itu, ia bersama masyarakat menggelar kerja bakti membangun empang. Kalau seluruh air dialirkan ke saluran irigasi, maka aktivitas pertanian tumbuh lebih bagus.

VIDEO: Acara Pembersihan Rumah Adat di Manggarai, NTT

VIDEO: Bupati Sumba Timur Menyapa Penenun Saat Expo. Lihat Gayanya

VIDEO: Taman Nasional Komodo Dijadikan Destinasi Premium. Ini Kata Presiden Jokowi

Menurut dia, selain mengempang kali Panite, Forkompimda bersama masyarakat juga membersihkan rumah dinas petugas pintu air yang selama ini belum dimanfaatkan.

"Sebelum mengempang kali Penite, terlebih dahulu kami membersihkan rumah dinas petugas pintu air. Nantinya beberapa bagian rumah tersebut akan direhab oleh Dinas PU sebelum ditempati," ujarnya.

Camat Asbanu juga mengungkapkan sesuai rencana, Pemerintah Kabupaten TTS  juga akan mengempang kali Noelmina dan satu kali kecil lainnya. Air dari tiga kali yang melintas di dataran akan diarahkan masuk ke dalam saluran irigasi Bena.

"Di dua titik lainnya, rekanan sudah mengempang air untuk masuk saluran irigasi. Ini untuk memenuhi kebutuhan air irigasi persawahan dataran Bena untuk musim tanam ke II ini," ujar Asbanu. (POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Dion Kota
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved