Tiga Kepala Daerah NTT Dukung Penuh Pembangunan Terminal Ekspor Impor

Dengan adanya TBI, komoditi dari Malaka seperti garam, jagung dan pisang bisa diekspor ke Timor Leste.

Tiga Kepala Daerah NTT Dukung Penuh Pembangunan Terminal Ekspor Impor
POS-KUPANG.COM/TENI JEHANAS
Pengerjaan Terminal Barang Internasional di Motamasin, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Tiga kepala daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Timor Leste, menyambut baik pembangunan Terminal Barang Internasional di Wini (Kabupaten Timor Tengah Utara), Motaain (Kabupaten Belu) dan Motamasin (Kabupaten Malaka). Menurut mereka, TBI akan berdampak ekonomi kepada masyarakat dan daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran, Bupati Belu Willy Lay dan Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes.

Bupati Stef yakin pembangunan TBI sudah melalui studi secara akademis. Menurutnya, keberadaan TBI agar aktivitas ekspor impor dapat berjalan sesuai ketentuan dan juga berkualitas.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran
Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

"Pembangunan terminal itu sesuai standar pelayanan di PLBN bukan atas permintaan (daerah). Untuk itu, pemerintah Kabupaten Malaka menyambut baik," tandas Bupati Stef.

Dengan adanya TBI, lanjut Bupati Stef, maka ke depannya komoditi dari Malaka seperti garam, jagung, beras, pisang dan meubel bisa diekspor ke Timor Leste.

NTT Kebut Tiga Terminal Barang Internasional, Dorong Ekspor Impor

Bupati Stef menegaskan, keberadaan TBI memberikan dampak positif kepada pemda dan masyarakat Malaka. Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT ini mengapresiasi pemerintah pusat dibawa kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang terus memberikan perhatian kepada Kabupaten Malaka.

Bupati Belu, Willy Lay juga menyambut baik pembangunan TBI di Motaain. Menurutnya, keberadaan terminal barang memacu kegiatan ekspor impor dari dan ke Timor Leste. Selain itu dapat meningkat perekonomian Kabupaten Belu.

Bupati Belu, Willy Lay
Bupati Belu, Willy Lay (POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS)

Bupati Willy mengatakan, pembangunan terminal barang internasional merupakan upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan pelayanan ekspor di wilayah perbatasan. Dengan adanya terminal barang akan memudahkan dan mempercepat aktivitas ekspor barang dari Indonesia ke luar negeri.

"Terima kasih untuk Pak Menteri Perbungaan yang telah bangun terminal antar negara. Tentu terminal ini sangat membantu meningkatkan perekonomian Kabupaten Belu," ucap Bupati Willy.

Sementara itu Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes mengatakan, Pemda TTU sangat mendukung upaya yang dilakukan pemerintah pusat dengan membangun TBI di wilayah pantai utara.

Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes
Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes (POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI)
Halaman
1234
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved