SMK Negeri Batu Putih "Mengungsi" Ke Gedung UPTD Pendidikan

Belum memiliki gedung, siswa siswi SMK Negeri Batu Putih mengungsi ke Gedung UPTD Pendidikan

SMK Negeri Batu Putih
POS-KUPANG.COM/ DION KOTA
.Nampak kondisi gedung darurat SMK Negeri Batu Putih yang saat ini sudah tidak digunakan lagi karena sudah tidak layak lagi 

SMK Negeri Batu Putih "Mengungsi" Ke Gedung UPTD Pendidikan 

Laporan Reporter Pos Kupang, Dion Kota

POSKUPANG.COM | SOE- SMK Negeri Batu Putih yang terletak di Desa Oebobo, Kecamatan Batu Putih dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kupang merupakan salah satu sekolah negeri yang belum memiliki gedung sekolah di Kabupaten TTS.

Sejak 2013 didirikan hingga saat ini, pihak sekolah tak kunjung mendapatkan bantuan guna mendirikan gedung permanen.

Saat awal berdiri di tahun 2013 dengan murid awal 58 orang, SMK Negeri Batu Putih hanya bermodal bangunan darurat setengah dinding, beralas tanah dengan atap alang-alang melakukan proses KBM.

.Nampak kondisi gedung darurat SMK Negeri Batu Putih yang saat ini sudah tidak digunakan lagi karena sudah tidak layak lagi
.Nampak kondisi gedung darurat SMK Negeri Batu Putih yang saat ini sudah tidak digunakan lagi karena sudah tidak layak lagi (POS-KUPANG.COM/ DION KOTA)

Bangunan darurat tersebut dibangun secara swadaya oleh orang tua siswa dan pihak sekolah guna menjawab merinduan dan kebutuhan masyarakat akan keberadaannya sekolah menengah kejuruan di wilayah tersebut.
Semangat untuk menuntut ilmu membuat peserta didik tak protes terhadap keadaan fasilitas sekolah mereka.

3 Tahun Belajar di Tenda Darurat, Siswa SMPN 3 Waigete Akhirnya Miliki Gedung Sekolah

Jumlah murid yang terus bertambah hingga 100 lebih membuat pihak sekolah dan orang tua murid harus kembali membangun gedung darurat menjadi 6 ruang gunakan melakukan proses KBM untuk 6 rombongan belajar dengan jurusan awal peternakan dan pertanian.

Setelah hampir 6 tahun bertahan di gedung darurat, akhirnya pihak sekolah menyerah. Di bulan November 2018, setelah diadakan rapat bersama orang tua murid dan pemerintah kecamatan, akhirnya disepakati proses KBM dipindahkan ke gedung UPTD pendidikan kecamatan batu putih yang merupakan milik Pemkab Kabupaten TTS.

"Bulan November 2018 itu proses KBM sudah tidak bisa berjalan dengan baik lagi. Atap sekolah yang hanya terbuat dari alang-alang sudah banyak yang bocor sehingga air hujan masuk. Belum lagi air hujan yang turun dari bukit yang berada tepat di belakang sekolah yang membawa serta lumpur masuk ke dalam kelas membuat proses KBM sudah tidak bisa dijalankan lagi. Tak sampai disitu, jika hujan angin, maka air hujan akan masuk dari bagian samping karena gedung darurat dindingnya hanya dibuat setengah, sedangkan setengahnya lagi kosong," ungkap Kepala Sekolah SMK Negeri Batu Putih, Chris Kana didampingi perintis pendiri SMK Negeri Batu Putih, Yohanis Neolaka.

Dinas Dikbud Kupang Moratorium Pembangunan Gedung Sekolah Baru

Dalam rapat bersama yang dihadiri camat batu putih, akhirnya ditawarkan untuk menggunakan gedung UPTD pendidikan kecamatan yang selama ini sudah tidak difungsikan lagi.

Halaman
123
Penulis: Dion Kota
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved