VIDEO: Konflik Tidak akan Menyelesaikan Masalah

VIDEO: Konflik Tidak akan Menyelesaikan Masalah. Hal itu dikemuka Dandim 1618 TTU, Letkol Roni Junaidi, S.Sos, Selasa (2/7/2019)

VIDEO: Konflik Tidak akan Menyelesaikan Masalah

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU -- Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, S.Sos, menandaskan, yang namanya konflik, tidak akan menyelesaikan masalah. Konflik justeru akan memperburuk keadaan, mengancam disintegrasi dan hal miris lainnya.

Dandim Junaidi mengatakan hal tersebut, ketika membawakan materi pada pertemuan yang digelar Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi NTT di Rumah Makan Litani, Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Selasa (2/7/2019).

Pertemuan tersebut dihadiri Kapolres TTU, AKBP Rhisian Krisna Budhiaswanto, Kepala Kesbangpol TTU, Joseph Kuabib dan Kepala Bidang Politik, Dinas Kesbangpol Provinsi NTT, Ady E. Mandala.

VIDEO: Busana Bermotif Sumba yang Dipamerkan di Paris-Perancis

VIDEO: Banyak Pengendara di SoE, TTS Gagal Dapat SIM Gratis

VIDEO: Ady Mandala Bilang Tapal Batas TTS-Malaka-TTU, Rawan Konflik

Hadir pula sejumlah elemen masyarakat, di antaranya tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh adat, beberapa forum serta komponen strategis lainnya di daerah tersebut.

Dandim Junaidi menyebutkan, konflik yang nyaris tidak terselesaikan itu, salah satunya di Aceh. Saat itu, konflik melanda daerah itu dan tak satu pihak pun yang bisa menyelesaikannya.

Risiko yang timbul dari konflik itu pun tak terkira  dan itu dialami oleh hampir semua kalangan. "Tapi Tuhan berkehendak lain. Setelah bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami menerjang Aceh, sejak itu pula semua konflik terhenti," ujarnya.

Menurut dia, konflik itu selain membawa risiko dan dampak lainnya bagi masyarakat, tapi juga membangkitkan sisi positif. Salah satunya, adalah memperkuat rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi ancaman disintegrasi.

VIDEO: Ketua Pokdarwis Troso Bantah Menjiplak Motif Khas Sumba

VIDEO: Heboh, Komodo Pota Masuk Kampung Nanga Baras, Warga Lakukan Hal Ini Terhadap Komodo Itu

VIDEO: Cantik, Unik dan Elegan, Koleksi Busana Modifikasi Tenun Ikat NTT Milik Shirley Manutede

Hanya saja, lanjut dia, lebih baik membangun rasa persatuan dan kesatuan itu berlandaskan harmonisasi sosial daripada rasa itu lahir setelah banyak pihak menanggung pelbagai risiko atas konflik yang terjadi. (POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Nonton Videonya Di Sini:

Penulis: Frans Krowin
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved