VIDEO: Ada Yang Unik di Sabu Raijua. Namannya Henge 'Do

VIDEO: Ada Yang Unik di Sabu Raijua. Namannya Henge 'Do yang artinya cium hidung. Cium hidung ini tradisi warisan leluhur yang lestari sampai sekarang

VIDEO: Ada Yang Unik di Sabu Raijua. Namannya Henge 'Do

POS KUPANG.COM, SEBA -- VIDEO: Ada Yang Unik di Sabu Raijua. Namannya Henge 'Do.

Di Indonesia umumnya, termasuk NTT, berjabatan tangan atau mencium pipi kanan dan pipi kiri (cipika-cipiki) adalah biasa.

Tapi tidak demikian bila Anda berada di Kabupaten Sabu Raijua.

Cium hidung merupakan ciri warga setempat ketika menyambut tamu atau ketika berpapasan dengan siapa pun. Itu biasa dilakukan di daerah itu.

Kapan pun, dimana pun dan dengan siapa pun, ketika bertemu pasti cium hidung yang dalam bahasa setempat disebut henge’do.

Mungkin terasa aneh, namun begitulah kebiasaan masyarakat Sabu Raijua. Cium hidung selain sebagai tanda keakraban, juga keterikatan rasa satu dengan yang lain, plus tanda persaudaraan.

Cium hidung itu, bisa dilakukan oleh siapa pun tanpa memandang jenis kelamin, status, strata sosial, usia dan sebagainya.

Selain sebagai tanda persaudaraan, cium hidung juga sebagai tanda penghormatan kepada yang tua. Bahkan sebagai tanda penyelesaian masalah antara pihak bertikai.

Mencium hidung itu sebagai bentuk permintaan maaf. Dan, masih banyak makna yang terimplisit dari cium hidung itu. (Pos-Kupang.Com, Frans Krowin)

Nonton Di Sini:

Penulis: Frans Krowin
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved