VIDEO: Suasana Karang Indah, SBD Memanas, Warga Berkelompok Bersiaga Bawah Tombak dan Parang

VIDEO: Suasana Karang Indah, SBD Memanas, Warga Berkelompok Bersiaga Bawah Tombak dan Parang

VIDEO: Suasana Karang Indah, SBD Memanas, Warga Berkelompok Bersiaga Bawah Tombak dan Parang

POS-KUPANG.COM, TAMBOLAKA - VIDEO: Suasana Karang Indah, SBD Memanas, Warga Berkelompok Bersiaga Bawah Tombak dan Parang.

Suasana Desa Karang Indah, Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Selasa (18/6/2019) pagi hingga pukul 11.30 wita berlangsung cukup panas dan menegangkan.

Hal itu karena sepanjang jalan raya, dipinggir kiri kanan jalan raya, mulai jembatan kali Pola Pare ke arah permukiman warga sejauh kurang lebih 3 km nampak warga duduk berkelompok bersenjatakan parang dan tombak bersiaga menghadapi musuh.

Sedangkan kaum perempuan memasak nasi dan air panas untuk menyiapkan makan dan minum bagi kaum laki-laki yang sedang bersiaga.

VIDEO: Bak Air di Tubuhue Tak Selesai, Kadis BPMD Peringatkan TPK dan Perangkat Desa Seperti Ini

VIDEO: Reaksi Keluarga Terima Jenasah Yulius, yang Meloncat ke Laut dari Atas KMP INERIE II

Setiap wajah baru yang melintasi di jalan raya ditahan dan dimintai maksud kedatangannya. Meski demikian, suasana cukup terkendali berkat pendekatan baik tokoh masyarakat, anggota Koramil 03 Kodi dan anggota Polsek Kodi Bangedo.

Koordinator aksi penolakan warga Desa Karang Indah, SBD untuk bergabung ke Kabupaten Sumba Barat, Dominggus Dengi Wungo, Herman H.Mone dan Stefanus Tanggu Holo di Desa Karang Indah, Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Selasa (18/6/2019) pagi mengatakan, seluruh masyarakat Desa Karang Indah tetap pada pendiriannya menolak bergabung ke Kabupaten Sumba Barat sebagaimana telah diputuskan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H tanggal 27 Pebruari 2019 dan dilanjutkan dengan penandatanganan peta tapal batas Sumba Barat dengan SBD di Labuan Bajo, Kabupaten Mangarai Barat oleh Bupati Sumba Barat, Drs.Agustinus Niga Dapawole dan Bupati SBD, Markus Dairo Tallu, S.H dan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, S.H tanggal 10 Juni 2019.

Menurut warga , secara etnis, suku dan ras, warga Desa Karang Indah adalah warga Kodi, SBD dan bukan warga Gaura, Sumba Barat.

VIDEO: Gadis Asal TTU Nekat Ke Ruteng Demi Dapat Mewujudkan Impiannya Seperti Ini

VIDEO: TNI AL Bersama Pemuda Bahari Nangadhero Nikmati Keindahan Pulau Pasir Putih Rii Taa Nagekeo

VIDEO: Bupati Nagekeo dan Danlanal Maumere Pimpin Tanam Anakan Mangrove di Nagelewa

Jumlah warga Desa Karang Indah sebanyak 268 kk dengan jumlah penduduk 1118 jiwa adalah seluruhnya etnis Kodi.

Dari sisi pelayanan pemerintahan selama ini atau pelayanan publik lainnya warga Desa Karang Indah selalu berurusan dengan pemerintahan SBD dan tidak pernah dengan Sumba Barat.

Halaman
12
Penulis: OMDSMY Novemy Leo
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved