Bupati Kamelus Minta Kades Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Bupati Manggarai Deno Kamelus Minta Kepala Desa Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Bupati Kamelus Minta Kades Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Para kades di Manggarai sedang mengikuti bimtek di Aula Efata Ruteng, Senin (17/6/2019) pagi. 

Bupati Manggarai Deno Kamelus Minta Kepala Desa Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) bagi kades, sekdes dan operator desa tingkat Kabupaten Manggarai di Aula Efata Ruteng, Senin (17/6/2019) pagi, Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H berpesan agar para kades dan semua perangkat desa membuat program sesuai kebutuhan masyarakat.

Bupati Kamelus pun mencontohkan ada program gapura di pintu masuk desa itu juga bagus tapi alangkah baik program gapura diganti dengan kebutuhan dasar masyarakat seperti, jalan, air, listrik dan perbaikkan rumah.

Polsek Oebobo Limpahkan Berkas Tahap Dua Kasus Pencabulan Siswi SMP di Kupang

Program tersebut, tegas Bupati Kamelus, sesuai dengan usulan dan keinginan masyarakat dari tingkat bawah.

"Kalau buat gapura pasti yang rasakan orang tertentu saja tapi kalau bangun jalan, air, listrik dan perbaikkan rumah manfaatnya bagi kepentingan banyak orang. Maka itu, pesan saya buat program yang menjadi kebutuhan masyarakat," kata Bupati Kamelus usai pembukaan bimtek di Aula Efata Ruteng saat ditemui wartawan, Senin (17/6/2019) pagi.

Ratusan Calon Siswa Baru SMAK Giovanni Kupang Verifikasi Administrasi PPDB 2019

Ia mengatakan, perencanaan SDM dan pengembangan teknologi perlu juga dilakukan secara baik oleh pemegang peranan di tingkat desa. Oleh karena itu, perencanaan kerja lalu pengawasan dan evaluasi program harus benar-benar dilaksanakan.

"Soal bimtek kita jangan bicara teori tapi hal-hal teknis yang berkaitan dengan pengalaman dan teknologi," papar Bupati Kamelus.

Sementara itu, Kadis PMD Manggarai, Sipri Jamun dalam laporanya mengatakan, peserta bimtek berasal dari 145 desa. Di mana setiap desa mengirim tiga peserta guna mengikuti bimtek selama dua hari sejak tanggal 17-18 Juni 2019.

Narasumber dalam bimtek, kata Sipri, yakni Kapolres Manggarai, Kajari Manggarai, Kadis PMD NTT, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Inspektorat Manggarai, Badan Keuangan Manggarai, PMD Manggarai, Kantor Pajak dan tenaga ahli pendamping desa.

"Tujuan diadakan bimtek ini dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan aparatur desa dalam bidang manajemen pemerintahan desa, penyelenggaraan pembangunan desa dan pengelolaan dana desa," ujar Sipri.

Ia mengungkapkan, saat ini banyak regulasi soal pengelolaan dana desa yang terus berubah dan mengalami kemajuan yang perlu diketahui oleh aparat desa.

"Maka itu perlu kita sampaikan kepada aparat desa dalam bimtek," papar Sipri. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved