8 Tradisi Lebaran yang Unik dari Berbagai Belahan Dunia, Ada Ramadhan Bayram dari Turki

Lebaran, Idul Fitri, atau yang dikenal masyarakat dunia sebagai Eid, merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

8 Tradisi Lebaran yang Unik dari Berbagai Belahan Dunia, Ada Ramadhan Bayram dari Turki
gooyadaily
Tokhm-Jangi 

POS-KUPANG.COM - Lebaran, Idul Fitri, atau yang dikenal masyarakat dunia sebagai Eid, merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Setelah sebulan lamanya melakukan ibadah Ramadhan (puasa), momentum ini dijadikan sebagai hari kemenangan bagi setiap umat Muslim.

Dalam menyambut Lebaran, tentunya ada tradisi-tradisi yang dilaksanakan. Namun, setiap daerah dan negara memiliki tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut Lebaran atau sesudahnya.

Berikut tradisi unik Lebaran dari masing-masing negara:

1. Turki (Ramadhan Bayram)

Ramadhan Bayram
Ramadhan Bayram (Turkey Homes)

Tradisi Lebaran juga ada di Turki, namanya Ramadhan Bayram atau Seker Bayrami. Orang Turki biasanya melakukan tradisi ini ketika menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadhan, karena sudah mendekati hari libur.

Ramadhan Bayram identik dengan pembagian manisan, baik itu permen atau coklat. Tradisi yang identik dengan manisan ini menjadi sangat ramai ketika anak-anak mulai berkunjung ke rumah-rumah.

Biasanya mereka mencium tangan dari orang yang lebih tua, kemudian barulah memberikan coklat tersebut.

Tak hanya untuk kalangan anak-anak saja, momen ini juga ditujukan kepada sanak keluarga teman hingga tetangga sekitar dalam menyambut Lebaran.

2. India, Pakistan, Bangladesh (Chand Raat)

Tradisi Chaand Raat
Tradisi Chaand Raat (happening)
Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved