Yayasan Pijar Timur di Nagekeo Fasilitasi Layani Akte Kelahiran Bersama Dispenduk Capil Nagekeo

Yayasan Pijar Timur Indonesia bermitra dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo menaruh kepedulian yang besar terh

Yayasan Pijar Timur di Nagekeo Fasilitasi Layani Akte Kelahiran Bersama Dispenduk Capil Nagekeo
istimewa
Penyerahan Akte Kelahiran dari Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Nagekeo, Weke Andreas, S.IP, kepada Fasilitator Pijar Timur dan masyarakat, di Desa Raja Timur, Mei 2019. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Yayasan Pijar Timur Indonesia bermitra dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo menaruh kepedulian yang besar terhadap pemenuhan hak anak atas identitas kewarganegaraan.

Sebagaimana yang dilakukan Pijar Timur di Desa Raja, 98 orang warga Desa Raja mendapatkan Akte Kelahiran yang dilayani oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Nagekeo.

Kerusakan Lingkungan di Lembata-NTT Makin Parah

98 orang warga Desa Raja yang mendapatkan akte kelahiran tersebut berusia di bawah 1 tahun hingga 26 tahun.

Pelayanan akte kelahiran bagi warga Desa Raja ini dilakukan di Kantor Desa Raja Selatan karena lokasi Kantor Desa Raja terdapat gangguan sinyal internet.

Penyerahan akte kelahiran ini sebenarnya adalah puncak dari sejumlah tahapan yang sudah terlewatkan yakni sosialisasi pentingnya akte kelahiran di tingkat desa, pendataan anak atau warga di setiap dusun yang belum memiliki akte kelahiran, verifikasi dokumen oleh pihak aparat pemerintah Desa Raja, verifikasi dokumen oleh petugas dari Dispenduk Capil Kabupaten Nagekeo, perekaman dan pencatatan, pelayanan serta penyerahan akte kelahiran.

Kejati NTT Akan “Lanjutkan” Penanganan Kasus Dugaan Penyerobotan Lahan

Kantor Desa Raja Selatan, sejumlah besar warga antusias secara tertib mengurusi akte kelahiran.

Hadir pula dalam kegiatan pelayanan akte kelahiran ini adalah Kepala Desa Raja serta para kepala dusun.

Sementara itu dari pihak Dispenduk Capil yang terlihat saat itu adalah Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Nagekeo, Weke Andreas, S.IP serta para kepala bidang terkait dan stafnya yang berjumlah 12 orang.

Dalam kegiatan pelayanan ini, pihak Dispenduk Capil membawa serta peralatan yang dibutuhkan untuk pencatatan hingga pencetakan akte kelahiran sehingga masyarakat langsung menerima akte kelahiran pada saat itu juga.

Halaman
123
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved