Kamu Lulus Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Jangan Tunda, Lakukan 3 Hal Ini

Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan LTMPT

Kamu Lulus Masuk Perguruan Tinggi Negeri? Jangan Tunda, Lakukan 3 Hal Ini
Dok. LTMPT
Contoh Pengumuman Peserta Diterima SNMPTN 2019 Contoh Pengumuman Peserta Diterima SNMPTN 2019 

POS KUPANG.COM -- Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2019.

Melalui konferensi pers "Pengumuman SNMPTN 2019", Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan menyampaikan, pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 diumumkan pada hari ini, Jumat, 22 Maret 2019 Pk. 13.00 WIB.

Jadwal ini kembali maju lebih awal dibandingkan rencana sebelumnya yang akan diumumkan pukul 16.00 WIB di hari yang sama.

Menristekdikti menyampaikan informasi peserta yang dinyatakan lulus seleksi 85 perguruan tinggi negeri ( PTN) tahun ini sebanyak 92.331 siswa dari 478.608 siswa.

Dari jumlah tersebut, 26.217 siswa berasal dari peserta Bidikmisi. Terkait hal tersebut, Ketua LTMPT Prof Ravik Karsidi mengingatkan beberapa hal penting bagi siswa yang diterima dalam SNMPTN 2019:

1. Daftar ulang Prof Ravik menambahkan kepada siswa yang dinyatakan lulus diwajibkan untuk hadir dalam registrasi (daftar ulang) pada waktu dan tempat sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN.

"Kehadiran pada saat registrasi menentukan proses verifikasi dan status penerimaan peserta SNMPTN 2019 sebagai mahasiswa di PTN tujuan," tambah Ketua LTMPT.

2. Verifikasi data Lebih lanjut Ketua LTMPT menjelaskan peserta dinyatakan diterima PTN tujuan setelah lolos verifikasi data akademik meiputi rapor dan portofolio asli serta menunjukan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli di PTN tujuan.

3. Mengecek PTN tujuan Peserta yang lulus SNMPTN juga diminta segala hal terkait jadwal, ketentuan dan peraturan untuk proses daftar ulang dan verifikasi data yang dibutuhkan di laman PTN tujuan. Ketidakcermatan dalam memenuhi ketentuan dapat berdampak pada status penerimaan.

4. Khusus penerima Bidikmisi Khusus bagi penerima beasiswa Bidikmis Kemenristekdikti, selain verifikasi data akademik pihak PTN juga akan melakukan verifikasi data ekonomi.

Pihak PTN dapat melakukan pengecekan dan/atau kunjungan ke alamat tempat tinggal untuk memvalidasi status penerimaan sebagai mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.*

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved