Konsumen Setuju Bayar Tas Plastik, Ini Alasannya

Hari ini beberapa store di Kupang seperti Ramayana Department Store, Informa dan Ace Hardware telah menerapkan pembayaran Rp 200 untuk kantong plasti

Konsumen Setuju Bayar Tas Plastik, Ini Alasannya
POS KUPANG/ANY TODA
Wanita Tunarungu yang Selalu Bersihkan Sampah Plastik di Bandara El Tari 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- Hari ini beberapa store di Kupang seperti Ramayana Department Store, Informa dan Ace Hardware telah menerapkan pembayaran Rp 200 untuk kantong plastik yqng dipakai membungkus barang belanjaan.

Penerapan kebijakan ini menarik perhatian masyarakat yang notabene adalah konsumen.

Gusminanti menyambut baik dengan penerapan kebijakan ini. Dirinya lebih memilih untuk menyediakan atau membawa tas belanjaan sendiri ketika pergi berbelanja di store-store.

Bencana di Liliba dan Penfui - Pemkot Buat Laporan ke Pusat

Ia menyarankan bila seperti itu lebih baik pabrik plastik ditutup. Karena Indonesia juga merupakan salah negara yang menghasilkan sampah plastik terbesar.

"Kalau tidak salah terbesar setelah China. Apalagi kalau sampah plastik lama terurai. Misalnya bila di lautan maka sampah akan lama terurai," tuturnya.

Menurut Anggi Christine, kebijakan pemerintah terapkan belanja harus menambah Rp 200 untuk kantong plastik ini bagus. Dengan begini setiap pembeli pasti akan lebih menghargai plastik. Tidak dibuang sembarangan, karena plastik didapat dengan dibayar tidak dengan gratis.

"Otomatis sampah di NTT Khususnya kota kasih ini lebih berkurang sehingga Kupang terlihat lebih indah dan bersih," tuturnya.

Hal senada disampaikan Hariyati. Ia sangat setuju dengan penerapan ini agar mengurangi limbah sampah plastik.

Menurutnya jika memang dengan penerapan merupakan hal yang baik maka perlu didukung.  Rhiny Harun pun menyampaikan hal yang serupa.
"Dengan begini maka akan mengurangi sampah plastik," tuturnya. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved