Keluarga Mahasiswa Katolik St.Thomas Aquinas FKM Undana Tanam Kelor di Maubesi TTU

KMK St. Thomas Aquinas melakukan penanaman anakan kelor di Dusun 5 Seumbam, Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten TTU, Jumat (8/2/2019).

POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI
Mahasiswa dari KMK St. Thomas Aquinas FKM Undana Kupang menanam anakan kelor di Dusun 5 Seumbam, TTU, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) St. Thomas Aquinas Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana (FKM Undana) melakukan berbagai macam kegiatan sosial di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kali ini, KMK St. Thomas Aquinas melakukan penanaman anakan kelor di Dusun 5 Seumbam, Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten TTU, Jumat (8/2/2019).

Selain melakukan penanaman anakan kelor, para mahasiswa ini juga melakukan penyuluhan tentang pengolahan anakan kelor bagi masyarakat setempat.

Mikael Reca selaku Ketua Panitia KKBM (Kemah Kerja Bakti Mahasiwa)  St. Thomas Aquinas, mengatakan, tanaman kelor merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat dan mengandung berbagai vitamin.

Dijelaskannya, manfaat daun kelor di antaranya mengandung vitamin C yang lebih banyak dari jeruk, vitamin A yang lebih banyak dari wortel serta dapat menjaga kesehatan mata.

"Juga tanaman kelor mengandung Kalsium yang dapat mencegah pengeroposan tulang serta baik untuk ibu menyusui," ujar Mikael kepada Pos-Kupang.com, Sabtu (9/2/2019).

Mikael menjelaskan, pada proses penanaman anakan kelor, warga di Dusun Seumbam sangat antusias melakukan penanaman anakan kelor bersama KMK St.Thomas Aquinas.

"Kami menanam sebanyak 140 anakan kelor ditanam di lahan milik salah satu warga di Dusun Seumbam," katanya.

Mikael menambahkan, KMK juga melakukan penyuluhan pengolahan daun kelor yang dibawa oleh Duta Pangan Lokal NTT 2017, Maria Febrianti Kalumbang yang juga merupakan salah satu anggota KMK St.Thomas Aquinas.

"Penyuluhan ini dihadiri oleh para ibu rumah tangga, remaja, serta anak-anak," ujarnya.

BREAKING NEWS: Gadis 15 Tahun Ditemukan Tewas Gantung Diri di Golewa Ngada Flores

LIVE STREAMING Rising Star Indonesia RCTI 11 Januari, Ini 8 Kontestan Babak Wild Card

Survei Terbaru Capres 2019, Elektabilitas Prabowo-Sandi Cenderung Naik, Jokowi-Maruf Masih Unggul

Salah seorang warga Oktaviana Sila mengatakan, dirinya merasa bersyukur dan senang karena KMK St.Thomas Aquinas datang membagi ilmu mengenai tanaman kelor yang mempunyai banyak khasiat yang salah satunya dapat mengurangi darah tinggi.

"Kami juga bersyukur mendapat ilmu mengenai daun kelor yang dapat diolah menjadi puding karena selama ini mereka hanya memasak sup daun kelor," jelasnya. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved