Bupati Sumba Tengah Lauching Aplikasi E-Planning

Bupati Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu secara resmi melauching aplikasi E-Planning Kabupaten Sumba Tengah tahun 2019 di aula Bappeda Sumba Tengah,

Bupati Sumba Tengah Lauching Aplikasi E-Planning
Pos Kupang.com/Petrus Piter
Bupati Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu secara resmi melauching aplikasi E-Planning Kabupaten Sumba Tengah tahun 2019 di aula Bappeda Sumba Tengah, Senin (4/2/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, petrus piter

POS-KUPANG.COM/WAIBAKUL---Bupati Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu secara resmi melauching aplikasi E-Planning Kabupaten Sumba Tengah tahun 2019 di aula Bappeda Sumba Tengah, Senin (4/2/2019).

Sebelum melauching secara resmi aplikasi E-Planning, Bupati Sumba Tengah bersama pimpinan OPD terlebih dahulu mendapatkan pemaparan singkat tentang penerapan aplikasi E-Planning oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sumba Tengah, D.R.Martinus Jurumana, M.Si dan salah seorang stafnya, Charles Umbu Weru.

Bupati Sumba Tengah, Drs.Paulus SK Limu, dalam sambutannya mengatakan, sudah waktunya, perencanaan program kerja Kabupaten Sumba Tengah secara elektronik harus dilaksanakan demi mewujudkan keseriusan pemerintah menyelenggarakan pemerintahan secara terbuka.

Rakyat Kabupaten Sumba Tengah dapat mengakses sehingga dapat pula mengikuti perkembangan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Sumba Tengah setiap tahunnya.

Karena itu, Bupati Paulus SK Limu meminta setiap organisasi perangkat daerah (OPD).harus memiliki staf yang memiliki kemampuan dibidang information tecnology/IT. Namun demikian, dapat dipahami bila saat ini belum semua OPD memiliki staf ahli IT.

Karena itu, Bupati Paulus SK Limu, menyarankan, setiap OPD melaksanakan pelatihan kantor sendiri (PKS) dengan dampingan staf ahli IT Bappeda Sumba Tengah. Tidak perlu mengirim staf keluar daerah mengikuti pelatihan penerapan E-planning dengan mengikuti perubahan teknologi yang terjadi.

Baginya yang paling efektif dan efisien adalah setiap OPD menggelar pelatihan sendiri dengan bimbingan staf ahli IT Bappeda Sumba Tengah. Ia yakin dengan pelatihan secara terus menerus maka setiap OPD dapat mengoperasikannya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menghimbau adanya koordinasi dan komunikasi baik antara pimpinan OPD dengan kepala sub bagian perencanaan (kasubag perencanaan) agar penerapan perencanaan kegiatan secara elektronik dikerjakan secara baik.

Dengan penerapan perencanaan secara elektronik, demikian Bupati Paulus SK Limu, penyusunan rencana program kerja mulai dari musrenbang desa terus ke musrenbang kecamatan hingga kabupaten. Hal itu berarti tidak ada lagi program dadakan atau titipan yang biasanya muncul diakhir perencanaan kegiatan.

Halaman
12
Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved