Berita Pendidikan

Wow! Pramuka Membuat Siswa SMP Stanislaus Borong Semakin Berkarakter

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Stanislaus Borong mengembangkan kegiatan Pramuka sebagai wadah mendidik karakter anak.

Penulis: Aris Ninu | Editor: Apolonia Matilde
ist
Program Pramuka di SMP Stanislaus Borong 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Stanislaus Borong mengembangkan kegiatan Pramuka sebagai wadah mendidik karakter anak.

Progam Pramuka tersebut adalah program ekstrakurikuler yang dilaksanakan pihak sekolah setiap hari Kamis.

Program pramuka juga merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berintegritas. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah tentang pendidikan karakter di sekolah.

Berikan Rp 400 Juta kepada Eni Maulani, Pengusaha Migas Mengaku Dana CSR

Kepala SMP Stanislaus Borong, Antonius Mali, kepada Pos Kupang di Borong, Senin (7/1/2019), mengatakan, program Pramuka di SMP Stanislaus Borong adalah program bagi siswa dari kelas I sampai kelas III. Di mana bagi sekolah tersebut, pramuka adalah satu kegiatan untuk pengembangan diri anak.

"Sekolah kami saat ini sudah menetapkan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Tujuannya agar semua siswa memiliki keterampilan dasar pramuka dan kemampuan bertahan hidup," kata Antonius.

Menurut Antonius, kegiatan Pramuka memberikan dampak dan manfaat positif bagi para siswa.

Latih Guide Lokal Lokasi Wisata Praijing ! Desa Tebara Datangkan Relawan Eropa dan Amerika!

"Siswa yang mengikuti Pramuka pasti diajarkan tentang kedisiplinan. Pembentukan diri anak sejak dini seperti saat bangun tidur, mandi, makan, belajar atau aktivitas lainnya. Bagi kami siswa yang sudah dilatih disiplin sejak kecil akan terbiasa berdisiplin sehingga akan menjadi kebiasaan yang baik yang terbawa hingga ia dewasa dan dapat bekerja dengan hasil yang memuaskan karena kedisiplinannya tersebut," ujar Antonius.

Kebijakan Lion Air Hapus Bagasi Gratis ! Penumpang di Bandara El Tari Kupang Belum Tahu

Dengan mengikuti Pramuka, lanjutnya, siswa juga dilatih memilikki rasa tanggung jawab pada saat melakukan tugasnya.

"Siswa juga mandiri, berkomunikasi dengan baik, kreatif, mencintai alam dan dilatih menjadi pemimpin serta memilikki kemampuan bertahan hidup. Bagi kami Pramuka sangat membantu sekolah menyiapkan generasi penerus bangsa yang benar-benar disiapkan untuk menjadi anak yang mandiri dan disiplin serta bertanggung jawab saat berada di masyarakat suatu saat nanti," tutur Antonius. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved