Berita Timor Tengah Utara

Warga Haumeniana TTU Serahkan Senpi kepada Anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 741/GN

Warga itu memang sudah lama ingin menyerahkan senjata tersebut, namun takut tersangkut permalasalahan hukum

Warga Haumeniana TTU Serahkan Senpi kepada Anggota Satgas Pamtas Yonif Mekanis 741/GN
POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI
Salah seorang warga menyerahkan senpi jenis Springfield kepada anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN di Desa Haumeniana, TTU, Selasa (2/1/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Salah seorang warga dari Desa Haumeniana, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang merahasiakan identitasnya menyerahkan senjata api jenis Springfield kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN.

Senjata api tersebut diterima oleh Danpos Haumeniana, Letda Inf Arafik dan disaksikan oleh Koptu Ridwan Letsoin, Pratu Marsal Yudha dan Prada Andrianto di desa tersebut pada, Rabu (2/1/2019).

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN Mayor Inf. Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol kepada Pos-Kupang.com, Kamis (3/1/2019), membenarkan peristiwa penyerahan senjata api jenis Springfield tersebut.

Hendra mengatakan, informasi mengenai adanya kepemilikan senjata api tersebut diketahui oleh anggota TNI setelah salah seorang warga di desa itu memberikan informasi ketika berkumpul dalam salah satu acara akhir tahun di Desa Haumeni.

Berdasarkan informasi tersebut, kata Hendra, anggotanya dari Pos Haumeniana kemudian mendatangi warga tersebut dan memberikan pemahaman serta pengertian bahwa menyimpan senjata api adalah perbuatan yang melanggar UU darurat tahun 1959 sehingga berbahaya untuk masyarakat sekelilingnya.

"Sesuai informasi awal, warga itu memang sudah lama sekali ingin menyerahkan kepada aparat yang berwenang, namun masih ragu untuk menyerahkan karena takut tersangkut permalasahan hukum. Setelah diberi pemahaman, baru dia mau serahkan," kata Hendra.

Atas penyerahan senpi tersebut, ungkap Hendra, dirinya langsung memerintahkan agar barang bukti segera diamankan dan diserahkan ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN di Eban. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved