Berita NTT Terkini

Begini Penjelasan Kepala BMKG Mengenai Peluang Terjadinya Gempa Besar di Pulau Sumba

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan gempa bumi yang setiap hari mengguncang wilayah Pulau Sumba

Begini Penjelasan Kepala BMKG Mengenai Peluang Terjadinya Gempa Besar di Pulau Sumba
pixabay via tribunnews.com
ilustrasi 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Waingapu, Sumba Timur, Arief Tyastama mengatakan peluang terjadi gempa dalam skala besar di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur sangat kecil.

"Alasannya, karena wilayah itu setiap hari selalu di guncang gempa dengan intensitas kecil, yang menunjukkan adanya pelepasan energi secara konsisten di daerah rawan sesmic," kata Arief Tyastama kepada Antara ketika dihubungi dari Kupang, Kamis (3/1/2019).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan gempa bumi yang setiap hari mengguncang wilayah Pulau Sumba, dan kemungkinan terjadinya gempa dalam skala besar di wilayah itu.

Intip Ramalan Zodiak Esok, Jumat 4 Januari 2019, Menyenangkan bagi Gemini, Membingungkan bagi Cancer

Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Bayi di Kupang, Oknum Mahasiswi Peragakan 26 Adegan

Drakor Clean With Passion For Now Rating Tertinggi di Episode 1, Malam ini Episode 2 Tayang

Intip Foto-foto Para Member BTS Saat Masih Kecil, Jungkook Imut Banget!

Ratusan Pelajar Indonesia Diduga Menjalani Kerja Paksa pada Perusahaan di Taiwan

Sejak Rabu, (3/1/2019) pagi misalnya, BMKG telah mencatat sudah empat kali gempa terjadi di wilayah itu. Gempa magnitudo pertama berkekuatan 3,0 SR, terjadi pada 06.14.39 WITA.

Gempa tersebut berlokasi pada 9.65 Lintang Selatan dan 118.02 Bujur Timur atau sekitar 124 km Barat Daya Sumba Barat Daya pada kedalaman 10 km.

Gempa kedua dengan magnitudo 3,0 SR, terjadi pada pukul 07.02.41 WIB, dengan lokasi 9.98 LS, 119.31 BT, 37 km Barat Daya Sumba Barat Daya pada kedalaman 43 km.

Gempa ketiga dengan magnitudo 3,3 SR, terjadi pada pukul 11.39.57 WIB. Lokasi gempa 10.63 Lintang Selatan, 118.39 Bujur Timur, pada 147 km Barat Daya Sumba Barat Daya, kedalaman 13 km.

Gempa ke empat dengan magnitudo 3,3 SR, terjadi pada pukul 13.48.02 WIB. Gempa berlokasi pada 9.59 LS, 120.84 BT, 70 km Timur Laut Kabupaten Sumba Timur pada kedalaman 10 km.

"Setiap hari terjadi gempa, walaupun dengan intensitas kecil sebenarnya menunjukkan adanya pelepasan energi secara konsisten di daerah rawan sesmic sehingga menurunkan peluang/kemungkinan terjadinya gempa besar," katanya.

Menurut dia, gempa besar terjadi karena akumulasi energi yang cukup besar sehingga semakin sering gempa kecil, akumulasi energinya semakin mengecil. (antaranews.com)

Editor: Putra
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved