Berita Sumba Barat Terkini

Cegah Pencurian dan Perampokan, Kades Arak Pelaku Keliling Kampung

Cegah pencurian dan perampokan, kepala desa (Kades) Wanokasa arak pelaku keliling kampung

Cegah Pencurian dan Perampokan, Kades Arak Pelaku Keliling Kampung
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Kades Wanokasa, Kecamatan Tanah Righu, Kabupaten Sumba Barat, Eduardus Dama Bulu berpose bersama ketua komunitas sastra Sumba dan warga saat pembagiaj anakan gaharu di kantor Desa Wanokasa, Sumba Barat, Sabtu (29/12/2018) 

Untuk mencegah pencurian dan perampokan, kepala desa (Kades) Wanokasa arak pelaku keliling kampung

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Kepala Desa Wanokasa, Kecamatan Tanah Righu, Kabupaten Sumba Barat, Eduardus Dama Bulu, memberlakukan hukum sosial bagi setiap pelaku pencurian dan perampokan yang terjadi di wilayahnya.

Setiap pelaku ditelanjangi, diarak keliling kampung sambil berteriak tidak akan mengulangi perbuatanya.

Eduardus Dama Bulu menyampaikan hal itu di kantor Desa Wanokasa, Sumba Barat, Sabtu (29/12/2018).

Pjs Sekda Nagekeo Sebut SK Pemecatan ASN Belum Tanda Tangan

Menurutnya, tidak mungkin ada orang luar datang dan merampok di dalam wilayah Desa Wanokasa. Yang pasti, ada orang dalam memberi jalan atau petunjuk bagi aksi kejahatan itu.

Karena itu, begitu terjadi perampokan di suatu kampung dalam desa itu, dirinya langsung memanggil orang dalam kampung itu yang dinilai 'nakal'. Sebab sebagai kepala desa, dirnya mengetahui dengan detail, siapa-siapa yang nakal di setiap kampung dalam desa itu. Saya tidak perlu capek-capek mencari, cukup memanggil yang bersangkutan, langsung memberlakukan peraturan jtu.

Ternyata YA Pembakar Kios Saharudin di Jalan Nong Meak

Pelaku menelanjangi diri, berjalan keliling kampung sambil berteriak bertobat dan tidak akan mengulangi perbuatanya.

Sepanjang peraturan tersebut disepakati, baru sekali terjadi dan hingga saat ini tidak terjadi lagi.Mereka takut, kalau terjadi pasti kena peraturan itu.

Kini Desa Wanokasa aman dan damai. Warga bebas memelihara ternak, kendaraan sepeda motor bebas parkir di halaman rumah dan lain-lain tersimpan baik. Semenjak masa kepeminpinanya tahun 2016 hingga sekarang kondisi desa cukup kondusif.

Ia berharap keadaan desa tersebut tetap terjaga terus sehingga pelaksanaan pembangunan berjalan lancar dan kehidupan ekonomi rakyat bertumbuh baik karena aktivitas berusaha meningkat dengan dukungan kondisi desa tetap kondusif. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved