Berita Kabupaten TTU Terkini

BPKH Wilayah XIV Kupang Gelar Pelatihan dan Pemotretan Kawasan Hutan di Provinsi NTT

BPKH Wilayah XIV Kupang Gelar Pelatihan dan Pemotretan Kawasan Hutan di Provinsi NTT

BPKH Wilayah XIV Kupang Gelar Pelatihan dan Pemotretan Kawasan Hutan di Provinsi NTT
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para petugas dari BPKH, Kementrian Lingkungan Hidu dan Kehutanan, Serta Pilot dari Asia Aito Teknologi foto bersama sebelu pesawat ultraligth saat hendak take off untuk melakukan pemotretan di Lapangan Sasi, Kamis (29/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XIV Kupang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) serta Asia Airo Teknologi melakukan tranning pesawat Ultraligth dan pemotretan hutan di wilayah Provinsi NTT.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Sasi, Kelurahan Sasi, Kecamatan Kota Kefamenanu itu dimulai sekira pukul 07:00 Wita. Kegiatan yang dimulai dengan latihan pesawat ultraligth, dilanjutkan dengan pemotretan kawasan hutan di Kabupaten TTU.

Penanggung Jawab Kegiatan Tranning Pesawat Ultraligth Marthen Kabiay dari BPKH Wilayah XIV Kupang NTT kepada POS- KUPANG.COM, Kamis (29/11/2018) pagi mengatakan, hasil yang diharapkan dari kegiatan pelatihan oleh pilot dari Asia Airo Teknologi dapat optimal dalam menerbangkan pesawat tersebut.

Seleksi CPNS, Pemprov NTT Tunggu Data Peserta SKB dari BKN

Selain itu, Marten juga mengharapkan, hasil dari kegiatan terseut, tidak hanya dapat menerbangkan pesawat, akan tapi dapat mengoptimalkan penggunaan alat pemotretan sampai pada pengolahan data mengenai hasil pemotretan.

Unipa Maumere Gelar Wisuda Kedua Tahun 2018

"Karena rencana kami kedepan tidak hanya fokus di wilayah tertentu saja di Pulau Timor ini tetapi kami upayakan semaksimal mungkin memotret seluruh kawasan hutan yang ada di NTT ini agar dapat dioptimalisasi, terpantau dan termonitor melalui kegiatan ini ," ungkapnya.

Marten menambahkan, kegiatan pelatihan dan pemotretan kawasan hutan yang dilakukan tersebut dalam rangka melaksanakan proyek nasional yaitu Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) milik pemerintah pusat.

"Jadi pesawat ini akan terbang di wilayah-wilayah indikatif, yang sudah direncanakan sebagai masuk dalam wilayah TORA itu, sehingga kami fokus lakukan pemotretan di wilayah indikatif yang telah ditentukan," ungkapnya.

Sementara itu, Purnomo dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) memgatakan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2013 membeli 15 unit pesawat ultraligth dengan tujuan membantu melaksanakan tugas dan fungsi dari BPKH.

"Dan salah satu pesawat, kami distribusikan kepada BPKH XIV Wilayah Kupang. Fungsi alat ini mendukung tupoksi dari BPKH diantaranya pemantauan kawasan hutan dan tapal batas dari udara," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved