Berita Kabupaten Sikka Terkini

Pater Avent Saur Keluhkan Sulitnya Temukan Keluarga Kandung OGDJ di Kota Maumere

Setiap hari berkeliling Kota Maumere ditemukan belasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berkeliaran tak tentu arah.

POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Peserta dan pembicara Seminar dan Sosialisasi Kesehatan Jiwa pada Masyarakat tentang Depresi, Pencegahan Pemasungan dan Masalah Napza di Aula Santo Camillus Social Center, Rabu (7/11/2018) di Kota Maumere. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Setiap hari berkeliling Kota Maumere ditemukan belasan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berkeliaran tak tentu arah.

Keluarga sekandung tak lagi menghiraukan keberadaan mereka. Makan minum tak tentu, bahkan makanan sisa yang dibuang dimakan. Emperan toko, bangunan kosong menjadi tempat tinggal. Tidur beralasan lantai atau semen, tanpa sarung dan selimut.

Kenyataan ini diakui Pendiri Kelompok Kasih Insanis, Pater Avent Saur, SVD memberikan pendampingan kepada ODGJ.

Baca: Diduga Bantu Pelarian Eddy Sindoro, Pegawai AirAsia Diberi Rp 20 Juta

"OGDJ yang ada di jalan-jalan kita dekati keluarga. Tapi satu persoalan, kita sulit temukan keluarga kandung, jarang ada yang mengakuinya. Tapi sepupu banyak," ujar Pater Avent Saur, SVD, kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (7/11/2018) di Maumere.

Namun ketika ODGJ meninggal dunia, sanak keluarga sepupu akan menjemput dan memakamkannya. Beruntung hidup di dunia ini fana. Kalau hidup selama-lamanya orang akan menderita.

Baca: Dinyatakan Tak Langgar Aturan, Kasus Iklan Jokowi-Maruf di Media Massa Dihentikan

Menurut Pater Avent, kerangka regulasi menangani ODGJ sudah ada. Tetapi, pelaksanaan di tingkat bawah belum tampak dalam realiitas.

Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga mengatakan, pemerintah sedang melakukan pendataan ODGJ untuk diketahui identitas dan keberadaanya agar bisa dilakukan intervensi.

Menurut Romanus, yang penting ODGJ warga Kabupaten Sikka, pemerintah beri perhatian dan memperlakukannya sebagai manusia.

"Pemerintah bersama DPRD harus duduk bersama bicarakan alokasikan dana untk ODGJ," ujar Romanus usai membuka Seminar dan Sosialisasi Kesehatan Jiwa pada Masyarakat tentang Depresi, Pencegahan Pemasungan dan Masalah Napza di Aula Santo Camillus Social Center, Rabu (7/11/2018) di Kota Maumere. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved