Berita Pesawat Lion Jatuh

Lion Jatuh: Lion Air JT 610 Jatuh Pada Kedalaman, 32,5 Meter di Tengah 'Kuburan' Kapal Karam

Sebagian badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang ditemukan pada kedalaman 32,5 meter.

Lion Jatuh: Lion Air JT 610 Jatuh Pada Kedalaman, 32,5 Meter  di Tengah 'Kuburan' Kapal Karam
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Petugas dari kesatuan komandan pasukan katak (Kopaska) melakukan patroli di lokasi kejadian jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Pantai Tanjung Pakis, Jawa Barat, Selasa (30/10/2018). 

POS-KUPANG.COM--Sebagian badan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang ditemukan pada kedalaman 32,5 meter. 


"Sebelum ada aturan seperti ini, dulu warga di utara Karawang kerap menemukan koin-koin emas VOC hingga benda-benda antik seperti potongan guci hingga keramik, semuanya dijual per kilo. Padahal itu memiliki nilai tinggi," kata dia.

Petugas Basarnas tengah mengumpulkan puing pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Teluk Karawang, Jawa Barat.
Petugas Basarnas tengah mengumpulkan puing pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Teluk Karawang, Jawa Barat. (KOMPAS.com/dokumentasi tim Basarnas)

Okih Hermawan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Karawang menambahkan sejumlah barang temuan di perairan Karawang oleh warga saat ini sudah diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Untuk sementara disana dulu karena di kami belum ada galeri untuk penyimpanan koleksi tersebut. Nah sekarang dalam tahapan untuk membangun galeri tersebut yang dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Pemprov Jabar," ujar dia.

Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan oleh penyelam TNI AL pada Kamis (1/11/2018) siang.
Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, ditemukan oleh penyelam TNI AL pada Kamis (1/11/2018) siang. (KOMPAS.com/KOMPASTV)

Pernyataan-pernyataan itu jadi beralasan saat dikaitkan dengan upaya pencarian pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 yang tenggelam di perairan Karawang pada Senin (29/10).

Pada pencarian hari ke-3, Tim SAR mendeteksi benda mirip badan pesawat Lion Air.

Namun, saat dilakukan penyelaman, yang ditemukan justru sebuah kapal kayu yang karam hingga rangka kapal yang sudah usang.

Baca: Sepulang Menikah dari Tokyo, Maia Estianty Dapat Kejutan dari Orang Ini, Apa Ya?

Baca: Wagub NTT Minta Dukungan Komisi V DPR RI

Baca: Komisi V DPR RI Setujui Rp 18 M Untuk Penataan Kawasan Petuk

Informasi yang dihimpun, ‎pengangkatan BMKT sempat dilakukan di perairan Karawang pada 2008 oleh PT Paradigma Sejahtera, perairan Cirebon pada 2004 hingga perairan Kabupaten Subang. (Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lokasi Jatuh Pesawat Lion Air Berada di tengah Kawasan "Kuburan" Benda Cagar Budaya.(*)

 Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Lion Air JT 610 Jatuh di Tengah 'Kuburan' Kapal Karam Bermuatan Benda Cagar Budaya, http://bangka.tribunnews.com/2018/11/02/lion-air-jt-610-jatuh-di-tengah-kuburan-kapal-karam-bermuatan-benda-cagar-budaya?page=2.

Editor: Rosalina Woso
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved