Berita Kota Kupang

DPRD NTT Dukung Instruksi Gubernur Soal Kebersihan

DPRD NTT tentu sangat mendukung instruksi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat tentang kebersihan.

DPRD NTT Dukung Instruksi Gubernur Soal Kebersihan
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Hugo Kalembu

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- DPRD NTT tentu sangat mendukung instruksi Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat tentang kebersihan. Kebersihan dan kesehatan itu hal mutlak ketika ingin mengembangkan pariwisata di NTT.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD NTT, Drs.Hugo Rehi Kalembu,M.Si ketika dihubungi, Sabtu (27/10/2018).

Menurut Hugo, apa yang diinstruksikan gubernur itu harus didukung penuh, bukan saja DPRD NTT, melainkan juga seluruh bupati/walikota se-NTT.

"Perlu ada sinergisitas dan mendukung program ini, karena pariwisata itu bukan saja di Kota Kupang, tapi ada di seluruh kabupaten se-NTT. Pariwisata mau maju maka harus yang utama itu jaga kebersihan," kata Hugo.

Dia menjelaskan, apa yang diinstruksikan gubernur itu harus dilakukan, karena masalah kebersihan itu mutlak dilakukan oleh setiap orang kapan dan di mana saja.

Dikatakan, kebersihan dan sanitasi itu merupakan prasyarat di dunia pariwisata.

"Jadi masuk akal sekali, kalau gubernur NTT keluarkan instruksikan untuk jaga kebersihan, baik di kantor-kantor maupun di obyek-obyek wisata," katanya.

Dikatakan, instruksi itu perlu diperhatikan oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemprov harus mengamankan instruksi itu. Bahkan, seluruh kepala daerah harus memperhatikan soal kebersihan ini.

"Karena itu, untuk pengembangan pariwisata itu butuh perhatian serius soal kebersihan dan kesehatan lingkungan. Kalau lingkungan dan obyek wisata itu kotor, wisatawan mana yang mau datang ke NTT, bahkan lihatnya, kalau di mana ada sarang penyakit, mana ada turis yang mau ke daerah itu," tanyanya

Dikatakan, pangkal untuk pembenahan pariwisata NTT itu terutama harus memperhatikan soal kebersihan dan kesehatan.

"Sekarang ini semua kantor ada petugas kebersihan, karena itu aneh kalau ada petugas kebersihan, tapi kantor itu kotor," ujarnya.

Ia mengatakan, semua level pemerintah harus mengikuti instruksi gubernur itu agar tercipta kondisi pariwisata yang bersih dan aman di NTT.

Untuk diketahui, instruksi Gubernur NTT yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2018 itu tentang Gerakan Kebersihan yang ditujukan kepoada seluruh pimpinan OPD Lingkup Pemprov NTT.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved