Berita Kabupaten Ngada Terkini

Satlantas Polres Ngada Imbau Pengendara Roda Dua Nyalakan Lampu Motor pada Siang Hari

Pihak Satlantas Polres Ngada melaksanakan patroli dan mengimbau kepada pengendara kendaraan roda dua agar menyalakan lampu siang hari.

Satlantas Polres Ngada Imbau Pengendara Roda Dua Nyalakan Lampu Motor pada Siang Hari
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Polantas Polres Ngada saat Patroli di Perempatan Traffic Light di Kota Bajawa, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Pihak Polres Ngada melalui Satlantas melaksanakan patroli dan mengimbau kepada pengendara kendaraan roda dua agar menyalakan lampu pada siang hari.

Seperti disaksikan POS-KUPANG.COM, di perempatan traffic light Kota Bajawa, Selasa (16/10/2018) siang.

Polantas tampak mengatur lalu lintas sambil mengimbau kepada pengendara kendaraan roda dua agar menyalakan lampu pada siang hari.

Baca: Bupati Bekasi Ditangkap KPK, Golkar Prihatin

"Lampu motor nyala ya, siang hari juga harus nyalakan lampu ya," ujat Kanit Patroli Satlantas Polres Ngada, Yos Tote, sambil mengatur lalu lintas saat itu.

Tak hanya minta menyaalakan lampu pada siang hari, beberapa Polantas juga terlihat menghimbau kepada pengendara roda dua wajib mengenakan helm standar. Baik itu pengemudi maupun penumpang wajib mengenak helm.

Baca: Saat OTT Pejabat Pemkab Bekasi, KPK Temukan Uang Pecahan Dollar Singapura

Kasat Lantas Polres Ngada, AKP Sudirman, S.Sos, melalui Kanit Patroli Yos Tote, mengatakan, Patroli dan melakukan imbauan wajib nyalakan lampu pada siang hari rutin dilakukan.

Ini bagian upaya untuk pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas. "Sambil atur lalu lintas kita himbau agar nyalakan lampu pada siang hari," ujar pria yang akrab Yos ini.

Ia mengaku program nyalakan lampu bagi kendaraan roda dua ini sudah sejak lama. Namun selama ini sudah redup, sehingga saat ini mulai digencar lagi.

"Kami sudah beberapa hari ini kami sudah himbau terus. Program sudah lama namun kita ingatkan kembali. Tujuannya kalau misalkan saat hendak itu kurang konsentrasi dijalan untuk mencegah terjadi kecelakaan. Misalkan ia kurang melihat motor tapi lihat cahaya lampu motor dari arah berlawanan bisa untuk membantu mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas," ujar Yos.

Wajib Gunakan Helm

Ia menegaskan semua pengendara roda dua, baik pengemudi maupun penumpang wajib gunakan helm standar. Ini merupakan bagian dari untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas.

Semua sudah diatur dalam undang-undang. Sehingga jika melanggar wajib mendapatkan hukuman.

"Kalau mau jalan dengan motor itu wajib kenakan helm. Itu harus pakai. Kalau misalkan jatuh akibat kecelakaan lalu lintas ada pakai helm minimal kepala ada penahan. Bagaimana kalau tidak pakai helm salam sekali," ujar Yos.

Yos mengimbau agar harus taat berlalu lintas dan tidak boleh melanggar. Jadilah pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Keselamatan menjadi nomor satu. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved