Berita Sumba Timur Terkini

Pemkab Sumba Timur Usulkan Jalan Waingapu-Mondu Jadi Ruas Jalan Strategis Nasional

Pemkab Sumba Timur mengusulkan ruas jalan Pantura Waingapu-Mondu di Kabupaten Sumba Timur menjadi ruas jalan strategis Nasional.

Pemkab Sumba Timur Usulkan Jalan Waingapu-Mondu Jadi Ruas Jalan Strategis Nasional
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Ruas jalan Waingapu-Kanatang terlihat badan jalan rusak. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pemerintah Daerah (Pemda) Sunba Timur, Sumba, Propinsi NTT mengusulkan agar ruas jalan Pantai Utara (Pantura) Waingapu-Mondu di Kabupaten Sumba Timur menjadi ruas jalan strategis Nasional.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur, Julius Ngeju, ST melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Sumba Timur, Christofel M U Pati, ST Kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (30/9/2018).

Christofel mengatakan ruas jalan tersebut adalah kewenangan Kabupaten Sumba Timur, namun Pemda Sumba Timur sudah mengusulkan agar ruas jalan tersebut menjadi ruas jalan strategis nasional, karena ruas jalan itu merupakan jalur Pantura yang menghubungkan empat Kabupaten di daratan Pulau Sumba yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Baca: Koptan Palindi Organik Sumba Timur Kaget Panen Bawang Sampai 10 Ton

Christofel juga menjelaskan, kalau melihat surat keputusan bersama antara Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan RI, seharusnya ruas jalan dari Waingapu kepelabuhan ASDP Kanatang merupakan jalan jalan Nasional.

Baca: KPU TTS Tetapkan 20 Oktober Sebagai Tanggal Pemungutan Suara Ulang

"Namun sampai dengan saat ini belum ada ketetapan, walaupun sudah diusulkan sejak tahun 2015 yang berkaitan dengan Penyusunan Renstra Kementerian PUPR," kata Christofel.

Christofel juga mengatakan, harapan Pemda Sumba Timur semoga pada tahun 2019 sampai 2023 ini bisa masuk dalam Renstra Kementerian PUPR. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved