Berita Gempa Lombok

7 Dampak Gempa Lombok, Tewas Tertimpa Bangunan hingga Retaknya Pos PVMBG

Berikut dampak gempa di hari Minggu (5/8/2018) yang memakan korban jiwa atau luka di Lombok dan sekitarnya.

7 Dampak Gempa Lombok, Tewas Tertimpa Bangunan hingga Retaknya Pos PVMBG
Kompas.com/dok.BNPB
Proses evakuasi sejumlah warga yang terjebak di reruntuhan masjid saat gempa terjadi. Mereka terjebak di dalam reruntuhan Masjid Jabal Nur di Dusun Lading-lading, Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat saat sedang melaksanakan shalat Isya. 

POS-KUPANG.COM - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebagian besar korban meninggal dari gempa bumi Lombok akibat tertimpa bangunan yang roboh.

"Daerah yang terparah adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram," kata Sutopo melalui pesannya di Jakarta, Senin dini hari, seperti dikutip dari Antara.

Berikut dampak gempa di hari Minggu (5/8/2018) yang memakan korban jiwa atau luka di Lombok dan sekitarnya. Kompas.com juga menelusuri fasilitas umum yang rusak pasca gempa.

Tim SAR gabungan berhasil menemukan salah seorang korban selamat akibat gempa 7 SR di Lombok yang tertimpa masjid yang roboh di Desa Lading-Lading Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.
Tim SAR gabungan berhasil menemukan salah seorang korban selamat akibat gempa 7 SR di Lombok yang tertimpa masjid yang roboh di Desa Lading-Lading Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. (Kompas.com/Twitter)

1. Tertimpa bangunan saat shalat di masjid

Sejumlah warga yang sedang melakukan shalat Isya tertimpa reruntuhan masjid di Desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, saat gempa mengguncang kawasan itu, Minggu (5/8/2018).

Tim SAR gabungan segera melakukan pertolongan pada Senin (6/8/2018), dua korban tewas berhasil dikeluarkan.

"Alat berat sudah didatangkan untuk mengevakuasi para korban jamaah shalat Isya yang tertimpa bangunan masjid roboh di Desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin.

Baca: 7 WNA Asal Sri Lanka dan Pakistan Diamankan Polisi, Ini Alasannya

Sebelumnya, Sutopo mengatakan, evakuasi korban tertimpa masjid yang roboh saat sedang shalat ini terkendala karena tidak ada alat berat.

Warga mengangkat sepeda motornya dari reruntuhan rumah pascagempa di Desa Wadon, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/8/2018). Gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang Lombok, Minggu (5/8/2018) malam.
Warga mengangkat sepeda motornya dari reruntuhan rumah pascagempa di Desa Wadon, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Senin (6/8/2018). Gempa bumi bermagnitudo 7 mengguncang Lombok, Minggu (5/8/2018) malam. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

2. Korban tertimpa reruntuhan masjid berhasil ditemukan

Tim SAR gabungan menemukan salah seorang korban selamat akibat gempa 7 SR di Lombok yang tertimpa masjid roboh di Desa Lading-Lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Baca: 15 Orang Wisatawan Asing Lompat dan Berenang Menyelamatkan Diri saat Kapal Molise Terbakar di Padar

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved