Anda Sulit Tidur saat Cuaca Panas? Simak Tips Berikut Ini

Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik kita. Kurang tidur bisa membuat suasana hati memburuk dan mengurangi fokus pikiran.

Anda Sulit Tidur saat Cuaca Panas? Simak Tips Berikut Ini
KOMPAS.COM
Ilustrasi tidur 

POS-KUPANG.COM - Tidur sangat penting bagi kesehatan fisik kita. Kurang tidur bisa membuat suasana hati memburuk dan mengurangi fokus pikiran.

Jika hal ini terus menerus terjadi, maka kita akan berisiko mengalami obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

Tapi terkadang cuaca yang panas membuat kita sulit untuk tidur. Apalagi, di negara tropis seperti Indonesia ini.

Baca: Kabareskrim Sebut Densus Sudah Tetapkan Tersangka Kasus Kerusuhan Mako Brimob

Menurut Tobin James, manajer direktur perusahaan produsen peralatan tidur dari UK, temperatur udara yang tinggi akan membuat kita sulit tidur.

"Penting untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan tidur serta melakukan penyesuaian terhadap gaya hidup atau rutinitas untuk mengalahkan udara panas," paparnya.

Dilansir dari laman Express, Tobin James telah memberi beberapa tips agar kita mampu tidur nyenyak meski cuaca sedang panas.

1. Mematikan semua perangkat listrik
Langkah pertama adalah mematikan semua perangkat listrik kita. Lampu dan perangkat yang terhubung ke listrik semuanya mengeluarkan panas.

"Kita tidak hanya akan mendapat manfaat dari suhu ruangan yang lebih nyaman jika mematikan seluruh perangkat, namun juga menghemat listrik," ucapnya.

Menurut Tobin, kita juga bisa meningkatkan kualitas tidur setelah menghilangkan semua hal yang dapat menstimulasi cahaya biru.

2. Ciptakan sendiri udara yang sejuk
Ia juga menyarankan agar kita menciptakan sendiri udara yang nyaman dengan menempatkan semangkuk es di depan kipas angin.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved