Proyek PLTMG 40 Mw di Maumere Diresmikan Menteri ESDM

Menteri ESDM Ignasius Jonan Meresmikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 40 Megawatt (Mw) di Desa Hoder,Skka

Proyek PLTMG 40 Mw di Maumere Diresmikan Menteri ESDM
Pos Kupang/Egy Moa
Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Desa Hoder,Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka,Pulau Flores, diresmikan pembangunannya oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Jumat (20/10/2017) 

Laporan wartawan Pos Kupang, Eginius Mo'a

POS.KUPANG.COM, MAUMERE- Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 40 Megawatt (Mw) di Desa Hoder,Kecamatan Waigete, Kabupaten Skka, Pulau Flores, diresmikan pembangunnan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, Ignasius Jonan, Jumat (20/10/2017) melalui vidio conference dari Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Proyek senilai Rp 694 miliar merupakan bagian dari proyek listrik 350 Mw milik PT PLN. Empat PLTMG lainnya yakni di Kupang di Pulau Timor, di Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, dan dua lokasi PLTMG di Bima dan Sumbawa. Peresmian ini seharusnya dilakukan oleh Presiden RI, Ir.Joko Widodo.

Menurut Ignas, 350 Mw akan mampu menyediakan daya listrik memenuhi kebutuhan 350 ribu-400 ribu rumah tangga di NTB dan NTT.

Semua proyek akan selesaikan pada 2018 dan hanya di Lombok selesai pada 2019.

"Proyek ini untuk pemerataan listrik di NTT dan NTB. Kebutuhan listrik untuk masyarakat tidak mengalami kekurangan. PLN juga berkomitmen tidak menaikkan tarif listrik," ujar Jonan dalam peresmian dihadiri Menteri BUMN, Rini Sumarno dan para direksi PLN.

Wakil Bupati Sikka, Drs. Paolus Nong Susar, melalui vidio conference dengan Menteri ESDM menyatakan, tahun 2018 seluruh desa di Sikka 100 persen diterangi listrik.

Paolus menyampaikan terimakasih kepada Presiden RI, Ir. Joko Widodo, serius memperhatikan fasilitas dasar kebutuhan listrik.

"Sudah puluhan tahun warga desa-desa di Sikka tidak nikmati listrik. Sejak Presiden Joko Widodo, banyak desa diterangi listrik. Sisanya 22 desa dari 147 desa di Sikka. Pada 2017 ini diselesaikan 18 desa, dan sisanya empat desa dikerjakan pada 2018. Yang sisa hanya dusun-dusun saja," kata Paolus.

Selain Paolus, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dulla dan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya melakukan vidio conference dengan Ignas.

Kepada Frans, Ignas mengatakan pembangunan sumber daya listrik arus laut pertama di NTT akan dilaksankan di selat Gonzalu, selat sempit antara Pulau Flores dengan Pulau Adonara. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved