"Tax Amnesty" Berakhir, Total Pelaporan Harta Tembus Rp 4.855 Triliun

total pelaporan harta melalui tax amnesty mencapai Rp 4.855 triliun, naik Rp 112 triliun dibandingkan hari sebelumnya.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Sejumlah warga menunggu panggilan untuk ikut dalam program Tax Amnesty di Kantor Pajak Pratama Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat, 30/9/2016. Banyaknya warga yang antre sejak pagi karena hari ini merupakan hari terakhir periode I program tax amnesty. 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Setelah 9 bulan berjalan, program pengampunan pajak atau tax amnesty resmi ditutup pada pukul 24.00 WIB malam ini.

UANG PECAHAN SERATUS RIBU RUPIAH
UANG PECAHAN SERATUS RIBU RUPIAH (ISTIMEWA)

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, Sabtu (1/4/20167) pukul 00.09 WIB, total pelaporan harta melalui tax amnesty mencapai Rp 4.855 triliun, naik Rp 112 triliun dibandingkan hari sebelumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkomunikasi dengan peserta tax amnesty dan pemegang kuasa SPH, di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (31/12/2016).
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkomunikasi dengan peserta tax amnesty dan pemegang kuasa SPH, di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (31/12/2016). (Estu Suryaningsih/Kompas.com)

Deklarasi harta di dalam negeri masih mendominasi dengan total Rp 3.676 triliun. Sisanya yaitu deklarasi harta di luar negeri Rp 1.031 triliun dan harta yang dibawa pulang ke Indonesia (repatriasi) Rp 147 triliun.

Adapun jumlah uang tebusan mencapai Rp 114 triliun, pembayaran tunggakan Rp 18,6 triliun, dan pembayaran bukti permulaan Rp 1,75 triliun.

Baca: Campur Aduknya Perasaan Menkeu Sri Mulyani Melihat Capaian Tax Amnesty

Total uang yang masuk ke kas negara mencapai Rp 135 triliun. Sebelumnya, pemerintah membuat sejumlah target meliputi dana deklarasi dalam dan luar negeri Rp 4.000 triliun, dana repatriasi Rp 1.000 triliun, dan uang tebusan Rp 165 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri berharap, pasca tax amnesty dunia perpajakan Indonesia terang benderang.

"Sesudah hari ini, sesudah tax amnesty, seluruh kegelapan di dalam perpajakan berakhir malam ini dan besok terbitkan terang," ujarnya. (Kompas.Com)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved