Diguyur Hujan Sehari, Embung Leosama-Belu Langsung Jebol

Belakangan ini, sejumlah embung di Kabupaten Belu jebol. Apa yang menjadi penyebab embung jebol?

Diguyur Hujan Sehari, Embung Leosama-Belu Langsung Jebol
Pos Kupang/Edy Bau
Penjabat Kades Leosama, Serafin Kartini Bere Ludji saat meninjau embung desa itu yang jebol, Senin (27/3/2017) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, ATAMBUA--Embung jebol di Kabupaten Belu pada awal tahun 2017 ini bukanlah hal baru. Setelah Embung Holpara di Desa Fulur, Kecamatan Lamaknen, lalu Embung Kabas Laran di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, kini giliran embung Leosama di kecamatan Kakuluk Mesak yang jebol.

Jebolnya embung yang terletak di dusun Halimea ini terjadi setelah diguyur hujan sehari penuh di wilayah itu, Minggu (26/3/2017) lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Leosama, Serafin Kartini Bere Ludji ketika dihubungi Pos Kupang, Jumat (31/3/2017) mengaku telah meninjau langsung jebolnya embung tersebut.

Menurutnya, embung tersebut jebol karena tidak kuat menahan limpahan air dari kali Weneka dan We Suri yang langsung dibendung.

"Kami mohon perhatian dari pemerintah daerah untuk memperbaikinya karena embung ini juga salah satu pendukung pertanian, peternakan bahkan juga untuk memenuhi kebutuhan air minum pada musim kemarau," ujarnya.

Untuk diketahui, embung tersebut merupakan proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Belu yang dikerjakan pada tahun 2016 lalu. Kapasitas tampung air pada embung tersebut 20.400 m3. (*)

Penulis: Fredrikus Royanto Bau
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved