VIDEO

VIDEO: Mengejar Keindahan Air Terjun Love Noelaku di SoE TTS

Love Waterfall alias Air Terjun Cinta yang berada di Kampung Noelaku, Desa Noinbila, Kabupaten TTS-NTT, belum banyak dikenal orang.

Laporan wartawan Pos-Kupang.com, Novemy Leo

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Love Waterfall alias Air Terjun Cinta yang berada di Kampung Noelaku, Desa Noinbila, Kecamatan Molo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)- Nusa Tenggara Timur (NTT) ini belum banyak dikenal orang. Letaknya tersembunyi dan masih sangat alami karena belum 'dijamah' oleh Pemerintah setempat.

Meski demikian, sejumlah masyarakat sudah mulai mengujungi tempat ini. Air terjun ini ini sangat unik dan indah. Pasalnya di lokasi ini, ada sedikitnya lima buah air terjun yang berdekatan satu sama lainnya. Namun yang menjadi favorid adalah air terjun cinta. Kenapa dinamakan air terjun cinta, karena kolam tempat penampung air itu berbentuk jantung atau hati.

Untuk sampai ke sana, dari Kota Kupang, ibukota Propinsi NTT, anda harus menuju ke kota SoE di Kabupaten TTS, sekitar 2,5 jam perjalanan. Dan sebelum masuk ke Kota SoE, anda belok ke kiri atau jalan menuju ke Kapan dari cabang itu ke lokasi air terjun ini berjarak sekitar 20 menit yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Namun, akses jalan menuju ke lokasi ini masih sulit dilalui. Dari tempat parkir ke lokasi ini berjarak sekitar 50 meter dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk masuk ke air terjun cinta ini setiap orang dikenakan biaya Rp 3.000. Tak perlu quide untuk sampai ke air terjun ini karena akses jalannya cuma satu.

Anda akan melewati jalan setapak yang agak sulit dilalui karena medannya naik turun. Namun jangan kuatir, karena warga sudah menyiapkan sejumlah tangga kayu 'darurat' dengan lebar hanya 60 centimeter, cukup untuk satu orang.  Karena itu kita harus berjalan berjejer antri satu persatu dan berhati-hati menyusuri jalan itu. Sebaiknya menggunakan sepatu kets atau sendal gunung, pasalnya jalan menuju ke air terjun itu licin.

Di ujung tangga terakhir, anda akan disuguhi air terjun pertama yang berada di sebalah kanan tangga. Di air terjun ini anda tidak boleh melewatkan sesi pemotretan pertama. Setelah itu anda bisa menuruni jalan 'batu besar' untuk sampai ke sejumlah air terjun lainnya.  Di lokasi kedua ini, anda bisa menemukan sedikitnya dua air terjun lagi yangn berada di sisi kanan dan kiri. Serta air terjun lainnya yang kecil-kecil.

Di lokasi kedua ini anda bisa menaruh barang-barang bawaan anda di bebatuan besar lalu anda bisa memulai petualangan anda dan mengabadikan moment berharga di setiap spot. Di lokasi ini juga anda bisa bersantai sejenak dengan duduk beralaskan batu besar sambil memandang keindahan alam dan terjalnya tebing batu yang akan mengantar anda ke air terjun love.

Ya, air terjun love itu berada di lokasi ke tiga dibagian bawah tebing. Sebaiknya anda melepaskan sepatu atau sendal gunung anda untuk sampai ke lokasi air terjun love, karena jalannya cukup curam dan licin. Disini tidak ada lagi tangga-tangga darurat, untuk sampai ke air terjun love semata-mata anda hanya mengandalkan pijakan kaki yang kuat dan cengkeram tangan yang kuat di bebatuan untuk bisa sampai ke bawah.

Sekitar 10 menit perjalanan anda akan sampai ke air terjun love sebagai puncak dari perjalanan anda. Lebar kolam air terjun love itu sekitar 4 - 5 meter dengan kedalaman mencapai sekitar 3 - 4 meter. Di situ, anda bisa berenang dan bersantai ria di sekitar kolam sambil menikmati alam bebas dengan udara yang segar dan nyaman.

Sebaiknya anda membawa minuman dan makanan ringan atau nasi bungkus karena di lokasi itu tidak ada warung atau tempat jualan makanan dan minuman. Namun ingat, sampah minuman dan makanan haruslah anda bawa pulang dan jangan membuang sampah sembaranag di lokasi itu.

Sejumlah wisatawan lokal, Rina, Bebet, Shanty, Fenny, ditemui d lokasi, Sabtu (4/3/2017), siang mengaku baru pertama kali kesana. "Kami tahu lokasi ini dari internet sehingga  kami penasaran ingin kesini. Sangat indah tempat ini benar-benar masih alami," kata Bebet dibenarkan teman lainnya.

Mereka berharap pemerintah bisa meningkatkan insfrastruktur terutama akses jalan raya ke lokai ini. "Kalau ruas jalannya sudah bagus, pasti akan banyak pengunjung yang datang kesini," kata Rina, diaminkan Shanty dan Fenny. (novemy Leo)

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved