VIDEO

VIDEO: Tinggal 5 Persen Siswa Belum Ambil Surat Pemberitahuan Dana PIP

2.000-3.000 siswa di Kota Kupang belum mengambil surat pemberitahuan adanya bantuan dana PIP

Laporan Wartawan Pos Kupang, Oby Lewanmeru

POS KUPANG.COM, KUPANG -  Rumah Aspirasi Jeriko sampai saat ini mencatat masih ada sekitar 5 persen atau 2.000-3.000 siswa dari total 59.638 siswa di Kota Kupang yang belum mengambil surat pemberitahuan adanya bantuan dana Program Indonesia Pintar (PIP). Sedangkan 95 persen lainnya sudah mendapat pemberitahuan dan sebagian besar telah menerima dana tersebut.

Hal ini disampaikan Direktur Rumah Aspirasi Jeriko, Ian Haba Ora, S.Pt, M.Si kepada Pos Kupang, Rabu (22/2/2017).

Menurut Ian, sesuai hasil rekapan petugas di Rumah Aspirasi Jeriko hingga saat ini, sekitar 56.000 dari total 59.638 siswa di Kota Kupang dari berbagai tingkatan sekolah telah sebanyak mendapat surat pemberitahuan dari Rumah Aspirasi Jeriko.  

"Untuk tahun 2016 lalu Rumah Aspirasi Jeriko selaku pemangku kepentingan mengusulkan sekitar 60.000 siswa ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. "Dari total itu, pemerintah pusat memverifikasi dan akhirnya yang berhak mendapat dana PIP sebanyak 59.638 orang saja," kata Ian.

Dijelaskan, saat ini masih ada sekitar 2.900 hingga 3.000 siswa atau sekitar 5 persen yang belum mengambil surat pemberitahuan di Rumah Aspirasi Jeriko. Sedangkan 95 persen siswa telah mendapat surat pemberitahuan untuk mencairkan dana tersebut.  "Kenyataan di lapangan, kami juga dapat pengaduan bahwa siswa yang telah mendapat surat pemberitahuan sulit mengakses dana mereka di bank, akibat masih kendala surat rekomendasi dari sekolah. Surat keterangan atau rekomendasi ini tentu menjadi salah satu syarat pencairan di bank," kata Ian.

Dijelaskan, salah satu kendala yang dialami adalah soal surat keterangan atau rekomendasi dari sekolah. "Kami mendapat pengaduan bahwa rata-rata kendala yang dialami siswa itu yakni surat keterangan dari sekolah. Harapan kami bahwa pihak sekolah bisa membantu siswa untuk bisa mencarikan dana. Apalagi sesaat lagi, ada siswa  yang hendak mempersiapkan diri untuk mengiikuti ujian baik ujian sekolah maupun ujian nasional," katanya. *

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved