VIDEO

VIDEO: Siswa SMK Kupang Didorong Berwirausaha

Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Kupang didorong untuk berwirausaha.

Laporan wartawan Pos-Kupang, Apolonia Matilde Dhiu

POS- KUPANG.COM, KUPANG - Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Kupang didorong untuk berwirausaha.

Para siswa SMK harus melengkapi dirinya dengan berbagai keterampilan hidup (life skill) selain pengetahuan yang didapatkan di sekolah untuk bersaing di bursa kerja.

Hal ini disampaikan pametari dari Kementrian P dan K, Hari T Nugroho, tentang Motivasi dan Etos Kerja di Aula SMK Negeri 3 Kupang, Jumat (23/9/2016). Seminar motivasi ini berlangsung hangat karena para siswa diberikan dengan berbagai perumpamaan dan contoh-contoh.

Suasana begitu akrab antara pemateri dan para siswa. Karena, Hari T Nugroho, pernah tinggal di Kota Kupang saat SD dan SMP. Ia juga menguji nyali anak-anak ini dengan menanyakan bisa berbahasa Inggris atau tidak. Banyak siswa SMK yang ragu-ragu dan malu-malu untuk menjawab. Tetapi, ia terus memotivasi agar para siswa harus menjawab dengan tagas.

Hari mengatakan, untuk menjadi sukses harus belajar dan berusaha keras dengan cara- cara yang berbeda. Orang sukses tidak hanya mencoba satu cara saja tetapi terus berulang kali sampai ia bisa sukses.

Ia mengatakan, saat ini yang mencari kerja bukan saja masyarakat Kota Kupang atau lulusan SMK dari Kota Kupang tetapi jutaan orang dari mana saja di seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara sedang mencari kerja.

Untuk itu, para siswa harus belajar tentang keterampilan hidup (life skills) terutama berbahasa Inggris supaya bisa memiliki daya saing tidak saja di Kota Kupang tetapi nasional bahkan dunia.

Dikatakannya, kemajuan ekonomi di Kota Kupang semakin pesat sehingga lulusan SMK yang juga siap bekerja juga harus menyiapkan diri dengan berbagai keterampilan hidup.

Menurutnya, ada beberapa dunia kerja yang masih realistis hingga 50 tahun yang akan datang, seperti dunia digital, games, selebrity, dan sebagainya. Di Kota Kupang ada beberapa bursa kerja yang mebutuhkan tenaga kerja dari lulusan SMK seperti perhotelan, restoran, mall.

Ia berharap, para siswa dan lulusan dari SMK di Kota Kupang bisa mengasah diri dan terus mencoba untuk melengkapi diri dengan berbagai kecakapan dan keterampilan hidup sehingga bisa bersaing di bursa kerja. (nia)

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved