PSU Pilpres dan Pileg di Kabupaten Kupang Akan Diikuti 768 Pemilih

Pemungutan suara ulang (PSU) di tiga TPS di Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019) akan diikuti 768 pemilih.

PSU Pilpres dan Pileg di Kabupaten Kupang Akan Diikuti 768 Pemilih
Pos Kupang.com/Edy Hayong
Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi

PSU Pilpres dan Pileg di Kabupaten Kupang Akan Diikuti 768 Pemilih

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I OELAMASI- Pemungutan suara ulang (PSU) di  tiga TPS di Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019) akan diikuti 768 pemilih.

Pemilih terseut tersebar di tiga TPS yakni TPS 3 Kelurahan Sulamu, TPS 8 Kelurahan Camplong dan TPS 3 Desa Noelbaki.

Secara rinci, jumlah pemilih di masing-masing TPS tersebut yakni  di TPS 3 Kelurahan Sulamu sebanyak 264 orang, TPS 8 Kelurahan Camplong sebanyak  226 orang dan TPS 3 Desa Noelbaki sebanyak  278 orang.

KPU Nagekeo Lakukan Penyortiran Logistik PSU untuk Tiga TPS

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi kepada POS KUPANG.COM, Jumat (26/4/2019) menjelaskan, untuk suksesnya pelaksanaan PSU di tiga TPS itu, pihaknya telah menerima surat suara dari Jakarta.

Saat ini tengah dilakukan penyortiran dan melipat surat suara yang ada untuk kemudian dibawa ke desa/kelurahan bersangkutan.

"Untuk surat suara  dan Formulir  PSU kami sudah terima dan sekarang sementara di sortir sekaligus pengepakan ke dalam kotak untuk di antar ke masing masing TPS. Kita sortir langsung di Kantor KPU karena jumlahnya juga tidak terlalu banyak," katanya.

Soal kegiatan pleno PPK, Ely mengatakan, masih terus berjalan dan masih dalam suasana aman dan kondusif. Hal inipun berkat kerjasama semua elemen sehingga sejak hari pemungutan suara sampai pleno sekarang ini kondisi di 24 kecamatan relatif berjalan baik.

Pemilu 2019,Semua Komisioner KPU NTT Kawal PSU di Daerah

Sebelumnya diberitakan, Pilpres dan Pileg di Kabupaten Kupang tanggal 17 April dinilai Bawaslu Kupang berjalan aman, lancar dan sukses. Namun, ada temuan yang direkomendasikan ke KPU Kabupaten Kupang yang konsekuensinya digelar pemungutan suara ulang (PSU) pada tiga TPS yakni TPS 3 Kelurahan Sulamu, TPS 8 Kelurahan Camplong I dan TPS 3 Desa Noelbaki.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthony Reo, S.H, kepada POS KUPANG.COM, Minggu (21/4/2019) mengatakan, walaupun pelaksanaan pemungutan suara berjalan aman dan lancar, tetapi dari hasil pemantauan tim di lapangan ditemukan adanya pelanggaran yang berimbas pada PSU. Bawaslu sudah mengajukan rekomendasi kepada KPU Kabupaten Kupang agar dilaksanakan PSU di tiga TPS karena ada indikasi pelanggaran.

Ini Harapan Bawaslu NTT Terkait Pemungutan Suara Ulang dan PSL di 60 TPS

Menurut Marthony, alasan utama dibuatkan rekomendasi untuk  PSU, karena di TPS 3 Kelurahan Sulamu, pemilih dibawah umur menggunakan C6 orang lain. Sesuai dokumen akta kelahiran dan kartu keluarga (KK)  yang bersangkutan lahir tahun 2003. 

Untuk di TPS 8 Kelurahan Camplong I, jelas Marthony, ada 2 orang warga dari Kota Kupang memilih tanpa C5 dan hanya menggunakan KTP elektronik,  sedangkan di TPS 3 Desa Noelbaki, 4 orang  KTP Jakarta dan Surabaya menggunakan hak pilih tanpa menunjukan Formulir  A5. Terhadap hal ini, Bawaslu tentu menunggu tindaklanjut jadwal pelaksanaan PSU di tiap TPS oleh pihak KPU.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved