Ini Harapan Bawaslu NTT Terkait Pemungutan Suara Ulang dan PSL di 60 TPS

Bawaslu mengharapkan dapat melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi praktik politik uang menjelang PSU.

Ini Harapan Bawaslu NTT Terkait Pemungutan Suara Ulang dan PSL di 60 TPS
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Jemris Fointuna 

Ini Harapan Bawaslu NTT Terkait PSU dan PSL di 60 TPS

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Bawaslu NTT mengharapkan KPU bisa menyiapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU ) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di 60 TPS di NTT bisa berlangsung dengab baik.
Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Jemris Fointuna, Jumat (26/4/2019).

Menurut Jemris, ada 55 TPS yang akan melakukan PSU dan lima TPS yang akan menggelar PSL.

"Kami berharap KPU sudah siapkan secara baik ,terutama soal logistik dan proses PSU dan PSL bisa berjalan baik," kata Jemris.

Wabup Umbu Lili Bersama TNI Dan BPBD Tanam Pohon Sakura di Pantai Wisata Londalima

Kepsek SMPN 2 Sulamu Akui Dua Pelajaran UNKP Menyulitkan Siswa

Dijelaskan, Bawaslu NTT sangat mengharapkan dalam pelaksanaan, berkaca dari pelaksanaaan Pemilu 17 April 2019, sehingga jangan ada lagi kekurangan logistik, terutama distribusi C6 secara tepat pada pemilih yang mempunyai hak pilih.

"Kita minta agar diperhatikan benar soal logistik, sehingga jangan ada lagi kekurangan. Untuk C6 ,kita harapkan C6 sudah dibagi kepada warga yang punya hak pilih atau yang memenuhi syarat sebagai pemilih," katanya.

Dikatakan, Bawaslu NTT mengharapkan, KPU dan jajarannya melakukan supervisi dan pendampingan kepada KPPS dan memberikan arahan bilamana ada masalah di lapangan.

"Jadi harus ada pendampingan yang baik dari KPU kepada KPPS agar dapat memberi arahan saat ada masalah yang harus diselesaikan. Ini ,karena tidak ada lagi PSU kecuali ada putusan MK," katanya.

Kepada masyarakat dan seluruh stakeholder di NTT, Bawaslu mengharapkan dapat melakukan pengawasan sehingga tidak terjadi praktik politik uang menjelang PSU.

Wabup Umbu Lili Bersama TNI Dan BPBD Tanam Pohon Sakura di Pantai Wisata Londalima

"Jadi setelah proses pemungutan suara dilakukan maka akan dilanjutkan dengan penghitungan suara. Kami berharap KPPS, saksi dan pengawas TPS melakukan penghitungan secara cermat agar tidak salah mengisi angka perolehan suara pada kolom yang salah," ujarnya.

Sedangkan untuk KPPS agar membagikan Salinan C 1 kepada para pihak setelah proses penghitungan suara selesai.

Dikatakan, Bawaslu NTT juga meminta PPS untuk mengumumkan salinan C1 hasil PSU ditempat umum supaya masyarakat dapat memperoleh informasi hasil PSU secara lengkap dan transparan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved