Jumat Agung

10 Ribu Umat Katolik 7 Paroki Padati Lapangan Motang Rua, Ruteng Ikut Proses Jalan Salib

Umat yang mengikuti upacara jalan salib datang dari 7 paroki di Kecamatan Lange Remong antara lain Paroki Ka Redong, Kristus Raja, Kumba, Karot, Cewon

10 Ribu Umat Katolik 7 Paroki Padati Lapangan Motang Rua, Ruteng Ikut Proses Jalan Salib
POS-KUPANG.COM/ARISNINU
Proses jalan salib di Lapangan Motang Rua, Ruteng. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Lebih dari 10.000 umat katolik memadati Lapangan Motang Rua,Ruteng, Jumat (19/4/2019) siang untuk mengikuti dan melakasanakan ritual suci jalan salib.

Umat yang mengikuti upacara jalan salib datang dari 7 paroki di Kecamatan Lange Remong antara lain Paroki Ka Redong, Kristus Raja, Kumba, Karot, Cewonikit, Katedral dan Golo Dukal.

Pastor Paroki dari ke 7 paroki tersebut juga hadir dalam upacara tablo jalan salib.

"Upacara jalan salib bersama antara paroki-paroki di Kecamatan Langke Rembong ini merupakan tradisi tahunan dari Kevikepan Ruteng, " ungkap Fidelise Lejo, Ketua Panitia Paskah dari Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong di Lapangan Motang Rua, Jumat (19/4/2019) pagi.

Ribuan Umat Katolik Ikut Ibadat Jumat Agung di Gereja Sta. Maria Assumpta, Kota Kupang

Menurut dia, Tahun ini Kevikepan Ruteng mempercayakan Paroki Ka Redong untuk mengatur pelaksanaan upacara Jalan Salib tahun 2019 ini.

Lebih lanjut Fidelis mengatakan, tradisi melaksanakan upacara Jalan Salib bersama Paroki- Paroki di Langke Rembong tujuannya adalah untuk memperkuat rasa kebersamaan dan semangat persekutuan antar Paroki.

"Kita baru saja menyelesaikan Pemilu Presiden, Legislatif dan DPD dimana masing-masing orang berbeda pilihan dan keputusan politiknya namun hari ini kami semua bersatu untuk mengenang kisah sengsara Tuhan Yesus, Upacara Jalan Salib telah mempersatukan kami semua," kata Fidelis.

Upacara Jalan Salib Tahun ini luar biasa dan sangat berkesan, berbeda dengah tahun sebelumnya karena Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong memainkan Tablo (drama) yang mengisahkan tentang peristiwa penangkapan Yesus di Taman Getsemani, proses pengadilan Yesus hingga PenyalibanNyadi Bukit Golgota.

Umat nampaknya sangat terharu dan mengikuti Tablo ini dengan khusuk bahkan ada diantar mereka yang mengeluarkan air mata, sedih mengenang peristiwa penyaliban Yesus.

Halaman
123
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved