Disdukcapil Kupang Sisir dari Desa ke Desa Rekam Data E-KTP

Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Kupang terus menyisir dari dese ke desa untuk perekaman E-KTP.

Disdukcapil Kupang Sisir dari Desa ke Desa Rekam Data E-KTP
POS-KUPANG.COM/Dokumentasi Disdukcapil Kabupaten Kupang
Suasana pelayanan data kependudukan oleh petugas Disdukcapil Kabupaten Kupang. 

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Kupang terus menyisir dari dese ke desa untuk perekaman E-KTP.  Upaya ini dilakukan karena mengejar waktu semakin dekat pelaksanaan pemilu serentak 17 April mendatang.

Saat ini penyisiran masih dilakukan di kecamatan yang potensi pemilih paling banyak terutama di Kecamatan Kupang Timur, Kupang Tengah, Nekamese, setelah itu di kecamatan lainnya.

Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Kupang, Drs. Daniel Takain melalui Kepala Seksi Identitas Penduduk, Dedi Sumantri, menyampaikan hal ini kepada POS- KUPANG.COM, Rabu (13/2/2019).

Jusuf Kalla Sarankan Ahok Tak Masuk Timses Jokowi, Maruf Amin Sebut Itu Saran Bagus

Dedi mengatakan, jadwal perekaman e-KTP di kecamatan-kecamatan sudah terjadwal. Pihaknya tidak saja menunggu warga di kantor tetapi tim langsung turun ke lapangan.

Tim terus sisir ke semua desa untuk merekam data diri demi kepentingan pengurusan E-KTP. Saat ini memang konsentrasi masih di beberapa kecamatan yang potensi pemilih paling banyak. Setelah itu barulah ke kecamatan yang potensi pemilih tidak terlalu banyak.

Anggota TNI dan Warga di Ende Gotong Royong Kerjakan Pondasi Rumah

"Kita terus sisir ke desa-desa. Ada desa yang kita gabung di satu desa untuk pelayanan. Kita juga sudah sampaikan ke camat dan kepala desa jadwal pelayanan. Memang ada kendala teknis yang kadang terjadi seperti peralatan agak eror atau hujan. Biasanya bergeser waktunya tapi kita tetap lakukan pelayanan," katanya.

Tentang wilayah Amfoang yang sempat tertunda, Dedi menjelaskan, wilayah ini memang beberapa pekan belakangan tim kesulitan karena hujan disertai banjir. Dalam pekan ini jika cuaca mulai baik maka tim akan turun untuk perekaman e-KTP.

Sebelumnya diberitakan, Disdukcapil Kabupaten Kupang selama ini terus melakukan perekaman E-KTP dengan sistem jemput bola. Tim turun langsung ke desa-desa namun saat ini dihentikan sementara akibat cuaca yang buruk. Wilayah yang rawan bencana banjir terutama di daerah Amfoang sehingga petugas tidak bisa mengambil resiko.

Kepala Dsdukcapil Kabupaten Kupang, Daniel Takain menyampaikan hal ini kepada wartawan di Oelamasi, Senin (28/1/2019).

Daniel menjelaskan, hujan yang melanda wilayah Kabupaten Kupang khususnya dalam beberapa pekan belakangan, memang cukup mengganggu proses perekaman E-KTP oleh petugas Disdukcapil. Khusus wilayah Amfoang memang petugas sangat kesulitan karena persoalan banjir.

Untuk itu, warga di beberapa kecamatan di Amfoang, sementara waktu dihentikan sambil menunggu cuaca kembali baik barulah tim melanjutkan kegiatan perekaman.

"Tim ke Amfoang tentu menggunakan kendaraan roda empat. Akses transportasi memang cukup menyulitkan petugas kami. Banyak luapan banjir dari sungai yang ada. Makanya kita hentikan sementara karena resiko cukup tinggi," katanya.

Daniel menyebut beberapa kecamatan yang perekaman E-KTP dihentikan sementara yaitu Kecamatan Amfoang Utara, Amfoang Selatan, Amfoang Timur serta Amfoang Barat Daya.

Daerah-daerah ini petugas tidak bisa menggunakan transportasi karena luapan banjir dari sungai yang ada di wilayah ini. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved