Antisipasi Longsor di KM 17 Kota Ende ! Ini Yang Dilakukan Satker

Mengantisipasi terjadinya longsoran di ruas jalan negara yang menghubungkan antara Kota Ende dan Maumere tepatnya di KM 18, Satker Pembangunan Jalan

Antisipasi Longsor di KM 17 Kota Ende ! Ini Yang Dilakukan Satker
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
JARING/Jaring Yang Terpasang Di KM 18 Arah Kota Ende, Kamis (24/1/2019). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Mengantisipasi terjadinya longsoran di ruas jalan negara yang menghubungkan antara Kota Ende dan Maumere tepatnya di KM 18, Satker Pembangunan Jalan Nasional memasang jaring di KM 18 arah Kota Ende.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 13 ruas Jalan Ende-Wolowaru, Dwi Wahyono mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Kamis (24/1/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan pemasangan jaring diatas tebing pada ruas jalan nasional KM 18.

Dwi mengatakan bahwa pemasangan jaring di tebing untuk ukuran di Kabupaten Ende memang suatu hal baru yang coba dilakukan oleh pihak Satker guna mengantisipasi terjadinya longsoran karena memang di jalur tersebut kerap terjadi longsoran.

“Setidaknya ketika terjadi longsoran material berupa batu bisa tertangkap pada jaring yang kita pasang sehingga tidak sampai turun hingga ke badan jalan yang dapat berakibat pada tertutupnya badan jalan ataupun bisa mengenai pengguna jalan,”kata Dwi.

 DTT-SMDE Polri Peduli Anak Anggota Polri ! Begini Aksi Kepeduliannya

Menurut Dwi jaring yang dipasang pada tebing itu bisa menangkap atau menahan batu mulai ukuran kepala manusia atau batu-batu kecil hingga yang berbobot maksimal 3 ton,”kata Dwi.

Dwi mengatakan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya longsoran pihaknya mencoba berbagai cara dan salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memasang jaring pada tebing.

Jaring sepanjang 100 meter yang terbuat dari baja itu ujar Dwi sejauh ini memang berfungsi setidaknya bisa menahan batu-batu berukuran kecil agar tidak jatuh hingga ke badan jalan.

“Kalau soal maksimal dan tidaknya kita belum tahu karena memang belum terjadi longsoran dengan skala yang besar namun kalau untuk longsoran dengan skala kecil terlihat efektif karena bisa menahan batu berukuran kecil hingga tidak sampai ke jalan,”kata Dwi.

Dwi berharap dengan pemasangan jaring di tebing bisa berfungsi maksimal untuk menahan longsoran terutama longsoran dengan skala yang besar. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved