Berita Kupang

Jeremias Aogust Pah, Sang Maestro Sasando, Berpulang

Pria kelahiran Desa Lalukoen, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, 22 Oktober 1939 itu meninggal di umur 79 tahun

Jeremias Aogust Pah, Sang Maestro Sasando, Berpulang
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Jenazah Jeremias Aogust Pah disemayamkan di rumah duka, Jl Timor Raya Km 22 Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Selasa (15/1/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Provinsi NTT kehilangan salah satu seniman terbaiknya, Maestro Sasando, Jeremias Aogust Pah mengembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Leona Kota Kupang pada Rabu (10/1/2019) sekira pukul 03.20 Wita.

Pria kelahiran Desa Lalukoen, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, 22 Oktober 1939 itu meninggal di umur 79 tahun dan meninggalkan seorang istri, Dorche Pah - Ndun, 10 orang anak serta 10 orang cucu.

Suasana duka dan kehilangan sangat terasa di kediamannya di Jalan Timor Raya Km 22 Desa Oebelo, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang pada Kamis (10/1/2019) malam.

Tubuh sang maestro Sasando terbaring kaku di atas tempat tidur. Sanak saudara, kenalan dan kerabat tak henti-hentinya berkunjung mengungkapkan belasungkawa sedalam-dalamnya.

Hingga akhir hayatnya, pria yang dikenal sangat religius dan taat beragama ini memiliki semangat dan loyalitas tinggi dalam melestarikan dan mengembangkan alat musik tradisional Sasando.

Tak heran, semasa hidupnya pada tahun 2006, almarhum Jeremias mendapatkan penghargaan sebagai Pelestari dan Pengembang Warisan Budaya oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Pada tahun berikutnya ia dinobatkan sebagai Seniman Senior Indonesia (Maestro) Seni Tradisi Musik Sasando oleh kementerian yang sama.

Bakat memainkan alat musik Sasando ternyata turun dari sang ayah, Aogust Pah. Ia pun mempelajari alat musik Sasando tersebut sejak kecil.

Bakat yang ia miliki ternyata diturunkan juga kepada semua anaknya. Semua anaknya piawai memainkan alat musik petik Sasando.

Halaman
1234
Penulis: Gecio Viana
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved