Berita Flores Timur Terkini

Bina Pokdarwis Atasi Masalah Sampah pada Destinasi Wisata di Flotim

Dinas Pariwisata akan membina kelompok sadar wisata di Flores Timur dan akan menjadi yang terdepan mengampanyekan sadar kebersihan kepada masyarakat.

Bina Pokdarwis Atasi Masalah Sampah pada Destinasi Wisata di Flotim
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Kadis Pariwisata Flotim, Apolonia Corebima 

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flores Timur Apolonia Corebima atau Nia Corebima mengakui masalah sampah tetap menjadi persoalan serius di destinasi-destinasi wisata di Flotim.

Sampah-sampah terus membanjiri pantai-pantai Wisata seperti Asam satu Beach Weri Larantuka, Pantai Meko, Pantai Deri dan destinasi wisata lainnya di Flores Timur.

Karena itu Dinas Pariwisata akan membina kelompok sadar wisata di Flores Timur dan akan menjadi yang terdepan mengampanyekan sadar kebersihan kepada masyarakat.

TNI-Polri Bersihkan Pasar Atambua

"Pantai-pantai kita penuh dengan tumpukan sampah. Masalah pembersihan sampah ini belum terprogram dengan baik," kata Nia Corebima Selasa (18/12/2018).

Kelompok sadar wisata, jelas Nia Corebima menjadi ujung tombak kampanye kebersihan destinasi wisata.

Bupati Sumba Tengah Targetkan 2.000 Rumah Terlayani Air Bersih

"Pokdarwis ini ujung tombak untuk ajak masyarakat peduli kebersihan. Sadar akan kebersihan objek wisata dan melakukan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat," kata Nia Corebima.

Untuk mengatasi kebersihan di destinasi wisata di Flotim, kata Nia Corebima membutuhkan kerja sama lintas sektor.

"Sampah-sampah kita banyak dari laut, dari perahu-perahu dan dari masyarakat. Perlu kerja sama lintas sektor misalnya Pol PP tindak warga yang buang sampah sembarang," kata Nia Corebima.

Nia Corebima mengatakan sering mendapati masyarakat membuang sampah langsung ke laut. Misalnya di Pantai Meting Doeng dan PPI Larantuka.

"Jadi perlu kerja sama lintas sektor atasi sampah," kata Nia Corebima. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu)

Penulis: Felix Janggu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved