Berita Kabupaten Sikka Terkini

PLTMG 40 Mw Wairita Segera Uji Operasional

PLTMG 40 Mw di Wairita, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, direncanakan menjalani uji operasi hari Selasa sampai Rabu (4-5/12018).

PLTMG 40 Mw Wairita Segera Uji Operasional
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Manajer PT PLN Rayon Flores Bagian Timur, Lambas Pasaribu bersama (kemeja abu-abu) di area PLTM Wairita, 12 Km arah timur Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Sabtu (1/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 40 Mw di Wairita, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, direncanakan menjalani uji operasi hari Selasa sampai Rabu (4-5/12018).

"Pada saat pengujian dan pembebanan ini akan terjadi potensi gangguan di Kabupaten Sikka dan sekitarnya. Ada potensi pemadaman listrik di sekitar pukul 22.00 Wita. Kami harapkan warga masyarakat tidak terkejut ketika terjadi gangguan pemadaman," ujar Manajer PT PLN Area Flores Bagian Timur, Lambas Pasaribu, Minggu (2/12/2018) di Maumere.

Ia mengatakan, PLTM G 40 Mw wajib menjalani uji operasi untuk mendapat Sertifikat Laik Operasi (SLO). Sekitar dua minggu setelah masa pengujian, SLO akan diterbitkan oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Polisi Belum Temukan Titik Terang Terkait Hilangnya 42 Ribu Kerang Mutiara di Desa Merdeka

Kelak dengan SLO yang telah diterbitkan, PLTMG Wairita menjalani operasional secara permanen mensuplai kebutuhan listrik di Sikka dan wilayah sekitarnya.

Dany Akui Masih Ada Pedagang Ternak Nakal, Kirim Ternak Secara Ilegal

"Kita harapkan masa pengujian dapat berhasil baik, namun segala sesuatunya bisa saja terjadi di luar dugaan. Kami sudah mengantisipasinya bila terjadi gangguan," ujar Lambas.

Menurut Lambas, saat mendebarkan ketika pengujian unit mesin pertama sebab tidak ada unit pendampingan. Selanjutnya di unit kedua, ketiga seterusnya unit keempat akan bisa berlangsung dengan mulus. Keempat mesin ini masing-masing memiliki kapasitas 11 Mw.

"Saya harapkan masyarakat memahami kondisi ini bila terjadi gangguan. Kami siapkan kontingensi plan ketika terjadi gangguan bisa kembali secepatnya," ujar Lambas.

Pembangunan seluruh fasilitas PLTMG Wairita telah mencapai 93,8 persen kondisi Sabtu (1/12/2p018), Sisa pekerjaan 7 persen lebih untuk pengujiannya. Proyek ini merupakan salah satu dari proyek listrik nasional Presiden Joko Widodo. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved