Berita Sumba Timur Terkini

Bripka Florianus Imbau Warga RT 03 Kelurahan Mauliru, Sumba Timur Stop Pungli

Bripka Florianus Muda, menyambangi masyarakat di RT 03 RW 01 Kelurahaan Mauiru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.

Bripka Florianus Imbau Warga RT 03 Kelurahan Mauliru, Sumba Timur Stop Pungli
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Bripka Florianus Muda sedang foto bersama warga RT 03, Kelurahan Mauliru. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Bripka Florianus Muda, anggota Bhabinkambtimas dari Polres Sumba Timur menyambangi masyarakat di RT 03 RW 01 Kelurahaan Mauiru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.

Saat menyambangi warga yang merupakan binaannya tersebut Bripka Florianus membawa serta dengan baliho bertuliskan 'Stop Pungli'. Bripka Florianus kemudian memberikan imbauan tentang stop pungutan liar (Pungli).

Kapolres Sumba Timur, AKBP Victor MT Silalahi, S.H, MH menyampaikan hal itu melalui Kasubag Humas Polres Sumba Timur Iptu I Made Murja, Kamis (27/9/2018).

Baca: Mahasiswa Islam Beraksi di Kupang Tuntut Polisi Tak Represif

Kata Made Murja, Bhabinkamtibmas merupakan sosok personel Polri yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat guna untuk menciptakan situasi yang kondusif dan lebih dekat dengan warga.

Unsur kedekatan antara Bhabinkamtibmas denga masyarakat menimbulkan kepercayaan masyarakat kepada Polri sehingga pesan ataupun himbauan Kamtibmas yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas dimengerti dan dipahami oleh warga.

Baca: Tuba Helan Sebut Perkara Pilkada TTS Pertama di Indonesia

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh seorang petugas Bhabinkamtibams ialah Sambang yang sebagai salah satu upaya penyampain himbaun kamtibmas secara langsung kepada warga.

Made Murja juga mengatakan, dalam himbaunya Bripka Florianus menyampaikan praktek pungli dilarang oleh Undang-undang baik yang memberi atau yang menerima dan bilamana mengetahui adanya pungli agar warga jangan takut untuk melaporkan baik secara langsung kepada Satgas Saber Pungli.

Kata Made Murja, selain itu, ia juga mengajak kepada warga untuk selalu peduli akan lingkungan yang aman bebas dari gangguan kamtibmas, dan tetap waspada terhadap pencurian, curanmor ataupun penipuan serta mengaktifkan kembali siskamling yang sudah dijalankan selama ini. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved