Berita Kota Kupang

Caleg Terbanyak Ada di Kabupaten TTS

Calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten TTS memiliki jumlah yang terbanyak dari semua kabupaten dan kota di NTT.

Caleg Terbanyak Ada di Kabupaten TTS
pos kupang.com, oby lewanmeru
Thomas Dohu, tim teknis KPU NTT 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten TTS memiliki jumlah yang terbanyak dari semua kabupaten dan kota di NTT. Jumlah caleg di TTS mencapai 640 orang.

Hal ini disampaikan ‎Divisi Teknis KPU NTT, Thomas Dohu, Sabtu (22/9/2018).

Menurut Thomas, sesuai data penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) oleh KPU kabupaten dan kota, nampak bahwa jumlah caleg terbanyak di Kabupaten TTS.

"Caleg yang ditetapkan dalam DCT oleh KPU TTS sebanyak 640 orang, kemudian diikuti Kota Kupang dengan jumlah caleg 592 orang. Jumlah itu untuk caleg DPRD Kabupaten TTS," kata Thomas.

Dia menjelaskan, sedangkan untuk DCT DPRD NTT ‎, KPU NTT sudah tetapkan yakni sebanyak 932 orang.

Data yang diperoleh ‎untuk DCT DPRD Provinsi NTT yang sudah ditetapkan itu sebanyak 932 orang atau caleg.
Dari total itu, caleg laki-laki sebanyak 594 dan caleg perempuan 338 orang.

Menurut Thomas, semua KPU telah melakukan penetapan DCT.

Dia merincikan, untuk Kota Kupang DCT sebanyak 592 orang, Manggarai Barat sebanyak 426 caleg, Alor 472 caleg. Untuk Kabupaten TTS ditetapkan 640 caleg, Flores Timur 417 caleg, Sumba Barat Daya 501 caleg.

Berikutnya Kabupaten Sumba Barat dengan DCT sebanyak 311 caleg, Sumba Timur sebanyak 379 caleg, Lembata sebanyak 364 caleg, Ngada 271 caleg, Nagekeo sebanyak 345 caleg. Sedangkan Kabupaten TTU memiliki DCT sebanyak 413 caleg, Manggarai Timur 389 caleg, Kabupaten Kupang sebanyak 563 caleg, Belu sebanyak 440 caleg. Sementara itu DCT untuk Kabupaten Malaka sebanyak 312 caleg, Sikka sebanyak 449 caleg, Ende 436 caleg, Sumba Tengah sebanyak 282 caleg di Kabupaten Manggarai sebanyak 384 caleg dan caleg di Kabupaten Sabu Raijua sebanyak 211 caleg.

"Untuk DPRD NTT, sebelumnya ada penambahan sembilan caleg dari DCS atau saat itu 923 , sehingga DCT DPRD NTT menjadi 932 orang," kata Thomas.

Terkait penambahan itu, ia mengatakan, penambahan sembilan orang caleg itu sebagaimana dalam putusan mediasi sengketa di Bawaslu NTT, yakni dari Partai Berkarya sebanyak sembilan caleg.

"Ada tiga parpol yang menggantikan bacalegnya, yaitu Partai Perindo, Partai Berkarya dan PKPI. Total DCT untuk DPRD NTT itu tidak ada caleg napi koruptor," katanya.

Dia mengatakan, penetapan DCT baik untuk tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, semua parpol menerima DCT tanpa ada keberatan.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved