Berita Kabupaten Kupang Terkini

Proses Pemekaran Desa di Kabupaten Kupang Terkatung-katung

Sebanyak 54 desa sudah layak dimekarkan menjadi desa definitif di Kabupaten Kupang.

Proses Pemekaran Desa di Kabupaten Kupang Terkatung-katung
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Kepala Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Kabupaten Kupang, Florence Lulan

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Sebanyak 54 desa sudah layak dimekarkan menjadi desa definitif di Kabupaten Kupang. Usulan pemekaran ini sudah cukup lama sejak 2005 dan baru terealisasi di tahun 2018 ini tapi hasil kajian tertahan di Bagian Hukum sampai sekarang walaupun sudah ada perbup tetapi perda harus ada.

Kepala Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Kupang, Florence Lulan, menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM, Sabtu (15/9/2018).

Florence mengatakan, dampak ikutan dari pemekaran desa sesungguhnya sangat baik. Isolasi daerah bisa dibuka, pendekatan pelayanan kemasyarakatan dipermudah dan desa bisa mandiri mengelola potensi.

Baca: 19 Desa Jadi Desa Adat, Kajian Perda Sudah Setahun Parkir di Bagian Hukum

Untuk itu pihaknya bersama tim akademisi melakukan kajian terhadap desa-desa di Kabupaten Kupang dan hasilnya ada 54 layak dimekarkan.

"Desa yang mau dimekarkan itu memang sudah diusulkan lama oleh warga. Ada yang usul sejak 2005 dan terealisasi sekarang. Tapi masyarakat harus mengurut dada karena payung hukum berupa perda yang kita ajukan ke Bagian Hukum sudah mau satu tahun ini tidak ada kejelasan. Saya tidak tahu ada apa dengan ini. Kita berjuang supaya desa pemekaran jadi desa definitif tapi Bagian Hukum koq diam-diam saja," katanya.

Sebelumnya diberitakan, warga calon desa pemekaran di Kabupaten Kupang sejak tahun 2005, 2008, 2012 dan 2013 telah mengusulkan pemekaran desa.

Proses usulan baru terjawabi saat ini dengan dasar pertimbangan luas wilayah di desa induk.

Kepala Bagian Administrasi Kemasyarakatan Setda Kupang, Florence Lulan Senin (16/4/2018) menjelaskan soal pemekaran desa di Kabupaten Kupang pada tahun 2018.

Dari total 160 desa di Kabupaten Kupang, yang mengajukan pemekaran berasal dari 47 desa dengan jumlah desa pemekaran 56 desa.

Seluruh usulan itu sesungguhnya sejak lama yakni dari tahun 2005, 2008, 2012 dan 2013 sehingga baru terjawabi saat ini. Ini semua dilakukan karena luas wilayah Kabupaten Kupang termasuk topografi yang kurang bersahabat. Seluruh desa pemekaran itu sudah layak dimekarkan sambil menunggu proses verifikasi sebelum penetapan secara resmi oleh bupati.

"Tugas kita menjawabi usulan warga. Saat ini kita sudah akomodir selanjutnya kita tunggu sikap bupati. Memang sesuai aturan ujicoba selama 3 tahun kalau tidak mandiri maka bergabung kembali ke desa induk," kata Lulan. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved