Berita Kabupaten Ngada

SMPN 2 Soa dan RLC Jajaki Kerja Sama Literasi

Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Soa di Kecamatan Soa Kabupaten Ngada dan Rumah Literasi Cermat (RLC) Ngada menjajaki kerja sama dibidang literasi.

SMPN 2 Soa dan RLC Jajaki Kerja Sama Literasi
POS-KUPANG.COM/Gordi Donofan
Kepsek SMPN 2 Soa, Akarius Wale Odi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | BAJAWA - Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Soa di Kecamatan Soa Kabupaten Ngada dan Rumah Literasi Cermat (RLC) Ngada menjajaki kerja sama dibidang literasi.

Kerja sama itu dibidang kampanye meningkatkan minat baca, pelatihan jurnalistik dan Pelatihan Kepimpinan Tingkat Dasar.

Informasi yang dihimpun POS- KUPANG.COM, kerja sama akan dimulai Oktober 2018.

Baca: Idrus Marham Diduga Menerima Janji 1,5 Juta Dollar AS

Kepala Sekolah SMPN 2 Soa, Akarius Wale Odi, mengaku bangga dan menerima kehadiran RLC ke SMPN 2 Soa.

Menurut Akarius kerja sama itu bagian dari tanggungjawab bersama dalam rangka pengembangan karakter anak didik.

"Tanggung jawab pendidikan dapat juga melibatkan elemen lain di luar sekolah sesuai kompetensi yang dimiliki," ungkap Akarius, Sabtu (25/8/2018).

Sementara tuan rumah RLC Ngada, Emanuel Djomba, mengucapkan limpah terima kasih kepada SMPN 2 Soa. Kerja yang dibangun merupakan suatu hal positif yang dapat bermanfaat bagi siswa-siswi.

"Terima kasih untuk waktu diskusi bersama Kepala SMPN 2 Soa, Akarius Wale Odi. Di tengah kesibukan sempat menerima tuan Rumah Literasi Cermat (RLC). Pada kesempatan ini dapat berdiskusi banyak hal tentang pendidikan dan literasi. Soal membangun karakter siswa melalui berbagai kegiatan ekstra. Soal penanaman nilai pada anak berbasis kearifan lokal. Kegiatan eskul melalui pelatihan dan kegiatan yang memicu kreativitas siswa agar semakin inovatif," ungkap pria yang akrab disapa Eman ini.

Ia mengaku dengan menjalin kerjasama kedepan SMPN 2 Soa dan RLC akan menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk pengembangan ekstra dibidang jurnalistik.

"Terima kasih karena melalui diskusi ini memperoleh ruang untuk membangun kerja sama yang baik dalam beberapa kegiatan eskul seperti pelatihan jurnalistik hingga rencana penyelenggaraan LKTD bagi siswa di waktu mendatang," ujar Eman.

Ia mengatakan, RLC mengapresiasi atas kerjasama tersebut sehingga ke depan semakin baik. Demi mewujudkan pendidikan yang berkulitas.

"Sebagai tuan Rumah Literasi Cermat, saya memberi apreaiasi kepada Kepsek yang senantiasa membuka ruang untuk bersinergis. Bahkan sinergis pernah dilakukan Akarius Ketika masih menjadi Kepsek SMP Slamet Riyadi Soa dalam pelatihan jurnalistik. Kita sepakat akan berlanjut di SMPN 2 Soa," ujar Eman.

Ia juga mengaku buku antalogi puisi karyannya sudah diberikan kepada SMPN 2 Soa sehingga menjadi kasana dan refrensi di sekolah tersebut. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help