Berita Kabupaten Lembata

KPU Lembata Coret Dua Bakal Caleg, Ini Alasannya

KPUD Lembata mencoret dua bakal caleg yang tak mengembalikan berkas bakal caleg ke KPUD.

KPU Lembata Coret Dua Bakal Caleg, Ini Alasannya
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Komisioner yang membidangi divisi teknis KPUD Lembata, Bernabas ND Marak 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Sebelum menetapkan bakal caleg dalam daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Lembata, KPUD setempat mencoret dua bakal caleg yang tak mengembalikan berkas bakal caleg ke KPUD. Dua bakal caleg itu masing-masing satu dari PKPI dan satu lagi dari PBB.

Hal ini diungkapkan Komisioner yang membidangi Divisi Teknis KPUD Lembata, Bernabas ND Marak, ketika dihubungi POS- KUPANG.COM di Lewoleba, Senin (13/8/2018).

Dikatakannya, saat proses verifikasi berlangsung, KPU memeriksa secara cermat semua berkas administrasi bakal caleg yang diajukan partai politik (parpol). Di Lembata, sebanyak 16 parpol dan semuanya mengajukan daftar bakal caleg.

Baca: Ikut Asuransi Nelayan, Istri Yakub Adu Terima Rp 160 juta

Tatkala diverifikasi tahap pertama, lanjut dia, semua bakal caleg lulus seleksi administrasi. Meski demikian masih ada berkas yang kurang sehingga dikembalikan ke parpol untuk dilengkapi lagi.

Ketika giliran berkas bakal caleg itu diserahkan lagi ke KPU untuk verifikasi tahap kedua, lanjut Bernabas, ada bakal caleg yang tidak menyerahkan berkas tersebut untuk diverifikasi. Konsekuensinya dua bakal caleg itu dicoret dan tidak dimasukan dalam DCS.

Dua figur tersebut, yakni Getrudis N Lasaren dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Samsudin Rahman dari Partai Bulan Bintang (PBB).

"Dua figur ini yang kami coret dan tidak ditetapkan dalam DCS. Sedangkan bakal caleg yang lain tidak ada masalah, karena telah memenuhi semua syarat pencalonan seperti yang diamanatkan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU)," ujarnya.

Bernabas menyebutkan, jumlah bakal caleg di Lembata yang trlah ditetapkan dalam daftar calon sementara, sebanyak 366 orang. Rinciannya, 250 laki-laki dan 116 lainnya perempuan. Semua bakal caleg itu, tersebar pada 4 dapil.

Meski ada 4 dapil, kata Bernabas, tapi tak semua parpol bertarung ada 4 dapil tersebut. Dari data caleg yang ada,13 parpol yang memiliki kader pada semua dapil. 13 Parpol tersebut, antara lain PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Partai Garuda, Partai Berkarya, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat dan PKPI.

Sedangkan parpol yang persebaran kadernya pada 3 dapil, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sementara parpol yang hanya bertarung pada 2 dapil, yakni PBB.

Tentang pembagian dapil di Lembata, dia mengatakan, dapil 1 mencakup Kecamatan Nubatukan. Dapil 2 mencakup 3 kecamatan, yakni Ile Ape, Ile Ape Timur dan Kecamatan Lebatukan. Dapil 3 mencakup Kecamatan Omesuri dan Buyasuri. Sedangkan dapil 4 meliputi kecamatan Atadei, Wulandoni dan Nagawutun. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved