Berita Manggarai

Dokter Bedah Australia Lapor Hasil Operasi Kepada Bupati Manggarai

Dokter bedah dari Australia melapor kepada Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dan Wabup Manggarai, Drs. Victor Madur, Jumat (11/8/2018)

Dokter Bedah Australia Lapor Hasil Operasi Kepada Bupati Manggarai
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Bupati Manggarai dan Wabup Manggarai bersama dokter bedah yang bertugas di RSU Cancar, Ruteng. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Dokter bedah dari Australia atau OSSAA (Overseas Specialist Surgical Association of Australia) bertemu Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dan Wabup Manggarai, Drs. Victor Madur, Jumat (11/8/2018) pagi.

Para dokter bedah bertemu Bupati Kamelus dan Wabup Madur guna melaporkan serangkaian proses pelaksanaan program pelayanan operasi plastik dan rekonstruksi kepada penderita bibir sumbing dan palatum (langit-langit mulut), luka bakar dan pembedahan lainnya.

Kegiatan pelayanan tersebut telah dilaksanakan selama sepekan dari tanggal 4 -10 Agustus 2018 di Rumah Sakit St. Rafael Cancar, Kabupaten Manggarai.

Baca: Juara 1 Lomba Story Telling Sampaikan Terima Kasih Kopdit Swastisari

Tim yang beranggotakan tujuh orang tersebut terdiri dari dua orang dokter bedah plastik, dua orang dokter anestesi, dan dua orang perawat serta didampingi oleh seorang koordinator.

Para dokter melaporkan kalau telah sukses menjalani pembedahan berjumlah 59 pasien dan 113 pasien lainnya telah melakukan konsultasi.

Kepada para dokter tersebut, Bupati Kamelus dalam releasenya kepada PO$-KUPANG.COM, Sabtu (11/8/2018) siang menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam atas terselenggaranya kegiatan kemanusiaan tersebut.

"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Manggarai serta pasien, kami menyampaikan terima kasih. Ini adalah kerja kemanusiaan. Kami merasa dibantu dengan kehadiran para dokter dari Australia ini," kata Bupati Kamelus,

Bupati Kamelus menjelaskan, dokter spesialis bedah yang ada di Manggarai sangat terbatas baik dokter bedah umum maupun bedah plastik.

Oleh karena itu, Bupati Kamelus, berharap agar ke depannya di Kabupaten Manggarai juga mempunyai dokter spesialis bedah khusus seperti ini.

"Saya juga berharap agar kerja sama yang dimulai sejak tahun 1993 ini akan terus berlanjut. Kalau ada upaya yang kita lakukan untuk mempercepat proses termasuk kontak antara Bupati dengan para dokter lewat email, akan kita laksanakan. Karena ini kerja kemanusiaan. Kepada para Suster di St. Damian Cancar saya berharap akan memberikan masukan untuk mempersiapkan dengan baik supaya berjalan dengan efektif," ujar Bupati Kamelus.

Pemimpin rombongan, dr. Mark, menyampaikan rasa bangganya karena sudah membantu para pasien di Manggarai. Lebih lanjut dirinya menjelaskan selain melakukan bedah khusus kepada pasien, kehadiran para dokter dari Australia ini juga bertujuan memberikan pengajaran kepada para tenaga medis.

Ia mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian para tenaga medis lokal untuk dapat melayani pasien-pasien penderita keterbatasan fisik dan cacat.

"Kunjungan kami ini bukan semata kemanusian tapi juga mentransfer ilmu kepada dokter muda, fisioterapi untuk saling membantu dan mendukung. Karena itu hal ini merupakan suatu kebanggan bagi kami bisa membantu di Manggarai terutama di Cancar. Saya pribadi sudah 20 kali berkunjung di Cancar," jelas dr. Mark. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help