Undana Kupang Umumkan Jumlah Peserta SBMPTN 2018 yang Lulus

Sebanyak 4.190 peserta yang tersebar di 47 program studi di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang dinyatakan lulus ujian tertulis

Undana Kupang Umumkan Jumlah Peserta SBMPTN 2018 yang Lulus
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Prof. Ir Fredrik L Benu M.Si, Ph.D, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.drh.Maxs U.E.Sanam, M.Sc saat konferensi pers di ruang kerja rektor Undana Kupang Jl Adi Sucipto Penfui Kupang, Senin (2/7/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Sebanyak 4.190 peserta yang tersebar di 47 program studi di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang dinyatakan lulus ujian tertulis berbasis cetak maupun berbasis komputer dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, Senin (2/7/2018)

Hal itu disampaikan Prof. Ir Fredrik L Benu M.Si, Ph.D, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.drh.Maxs U.E.Sanam, M.Sc kepada wartawan dalam konferensi pers yang diadakan di ruang kerja rektor Undana, Senin siang.

Baca: Hilang 1,5 Tahun di Laut Sukabumi, Wanita Ini Ditemukan Selamat di Tepi Pantai

Rektor dua periode tersebut menjelaskan, dalam SNMPTN sebelumnya sebanyak 1532 orang telah dinyatakan lulus dan melakukan registrasi kembali sebanyak 1532 orang.

"Jadi kalau kita asumsi semuanya registrasi ditambah dengan yang sudah registrasi sebanyak 1.532 orang berarti kita masih memiliki kuota untuk jalur mandiri sekitar 2678 orang yang akan kita terima dari jalur mandiri," ungkapnya.

Dikatakannya, 2.678 orang kuota melalui jalur mandiri ini akan dibuka setelah ada pengumuman dan registrasi dari jalur SBMPTN 2018

Pengumuman SBMPTN sendiri, Kata Benu, akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada, Selasa (3/7/2018) pukul 16.00 Wita. Hasil SBMPTN dapat diakses dilaman resmi http//pengumuman.sbmptn.ac.id

Ia menjelaskan, para peserta SBMPTN dapat langsung mengakses situs tersebut dan memasukan nama dan nomor ujian untuk mengetahui lulus atau tidak dalam seleksi

"Nanti akan keluar dengan sendirinya apakah anaknya lolos atau tidak itu yang akan kita lakukan besok. Mohon teman-teman juga sampaikan pada semua orangtua dan anak-anak, besok bisa dilihat," tambahnya.

Setelah dinyatakan lulus, lanjut Benu, tahap selanjutnya ialah akan melakukan daftar ulang dan registrasi, tetapi sebelumnya harus melalui proses wawancara untuk menentukkan Uang Kuliah Tunggal (UKT)

"UKT setiap anak beda-beda, ada tujuh kategori, nanti kita lihat setiap anak sesuai dengan kemampuan ekonominya apakah masuk kategori yang mana, semakin tinggi semakin mahal sehingga ada subsidi silang," ujarnya.

Terkait jalur mandiri, ia mengatakan, jalur tersebut dilakukan tes oleh pihak kampus untuk sekitar 2678 orang.

"Setelah itu mereka akan kuliah dengan UKT masing-masing tetapi ada uang pangkalnya seiring dengan status kita sebagai BLU maka ada uang pangkal untuk setiap prodi yang juga beda-beda tergantung dengan tingkat ketepatannya," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Undana, Dr.drh.Maxs U.E.Sanam, M.Sc kepada wartawan mengatakan, beberapa program studi atau jurusan di Undana Kupang cukup diminati oleh para calon mahasiswa bahkah ada jurusan yang peminatnya sangat tinggi, akan tetapi ada juga jurusan yang dari tahun ke tahun mengalami penurunan peminat.

"Ada beberapa trend dimana fakuktas pertanian dan peternakan cenderung menurun dari tiap tahunnya dan hal tersebut bukan saja di Undana Kupang akan tetapi di secara nasional mengalami penurunan minat," katanya. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved