Pilkada Serentak 2018

Data Sementara Penghitungan Sementara Pilkada TTS Versi Paket Tahun-Konay dan Naitboho-Kase

Dua paket di Kabupaten TTS sama-sama mengklaim memenangkan perhelatan Pilkada TTS

Data Sementara Penghitungan Sementara Pilkada TTS Versi Paket Tahun-Konay dan Naitboho-Kase
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Cabup TTS, Epy Tahun dan para pendukungnya sedang memantau real count Pilkada TTS di Posko Kemenangan paket Tahun-Konay 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM | SOE - Paket Calon bupati dan wakil bupati TTS, Epy Tahun dan Army Konay (Tahun-Konay) dan paket calon bupati dan wakil bupati TTS, Obed Naitboho dan Alex Kase ( Naitboho - Kase) sama-sama mengklaim memenangkan perhelatan Pilkada TTS. Bahkan, Cabup, Epy Tahun sudah mendapatkan ucapkan selamat dari keluarga dan para pendukungnya untuk kemenangan paket Tahun-Konay.

Baca: Selama Enam Bulan Kabupaten TTS Alami Beberapa Kali Bencana Alam, Ini Akibatnya

Berbeda dengan paket Tahun-Konay dan Naitboho-Kase, paket Ampera - Tanaem dan Lakapu - Mella enggan mengklaim memenangkan perhitungan suara dalam Pilkada TTS. Kedua paket ini, lebih memilih untuk bersabar menunggu pleno di tingkat KPU Kabupaten TTS.

Cabup TTS, Epy Tahun menjelaskan, paket Tahun-Konay mengklaim menang berdasarkan data hasil rekapitulasi di tingkat TPS yang sudah masuk ke Posko Kemenangan Tahun-Konay. Dari 640 TPS, paket Tahun-Konay berhasil memperoleh suara sebanyak 53.487 suara, dari total suara yang masuk sebanyak 155.639 suara.

Sedang paket Naitboho - Kase berada diurutan kedua dengan raihan 51. 136 suara, disusul paket Ampera - Tanaem dengan 26.237 suara dan diposisi terakhir paket Lakapu-Mella dengan 24.779 suara. Selisih suara antara paket Tahun-Konay dan Naitboho-Kase berjumlah 2.351 suara.

Cabup TTS, Epy Tahun menegaskan, jika jumlah suara yang sudah masuk mencapai 80 persen dan berdasarkan hitungan matematik paket Tahun-Konay menang, maka paket Tahun-Konay akan melakukan konferensi pers sebelum melakukan doa syukur bersama keluarga dan para pendukung.

"Masih tersisa 281 TPS yang format C1 nya belum kita entri ke aplikasi kita untuk dijumlah menjadi total 921 TPS se kabupaten TTS. Tim kita, masih berada di lapangan untuk menjemput format CI KWK nya. Jika persentase jumlah suara yang masuk sudah mencapai 80 persen, dan selisih suara antara paket Tahun-Konay dan urutan kedua berjumlah lebih besar dari sisa suara di TPS yang belum masuk, maka kami akan gelar konferensi pers untuk mengumumkan kemenangan kami," ungkap Cabup Epy Tahun kepada POS- KUPANG.COM, Kamis (28/6/2018) di kediamannya.

Klaim kemenangan juga diungkapkan paket Naitboho - Kase. Berdasarkan hasil real count di posko kemenangan paket Naitboho - Kase, dari jumlah 131.484 suara yang masuk, paket Naitboho - Kase berhasil mendapat suara sebanyak 45.474 suara.

Di posisi kedua, Paket Tahun-Konay dengan 41.914 suara. Posisi ketiga di tempati paket Lakapu-Mella dengan 22.374 suara dan posisi terakhir ditempati paket Ampera - Tanaem dengan 21.719 suara.

Presentase total suara yang masuk hingga saat ini berjumlaj 46 persen dan sisa suara yang belum masuk sebanyak 54 persen.

Cawabup TTS, Alex Kase mengatakan, dirinya sudah turun ke desa untuk memantau langsung perhitungan suara di TPS.

Untuk Kecamatan Kualin, dari delapan desa, Paket Naitboho - Kase menang di 7 desa dan hanya kalah di satu desa. Oleh sebab itu, Cawabup TTS, Alex Kase berani mengklaim sudah memenangkan perhitungan suara.

"Memang kalau mau kita lihat suara yang masuk saat ini baru 46 persen, tetapi dari hasil pantauan langsung saya ke TPS, paket Naitboho - Kase menang atas tiga paket lainnya," klaim Cawabup, Alex.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten TTS, Ayub Magang yang dikonfirmasi POS- KUPANG.COM terkait perolehan sementara suara baik untuk Pilgub NTT maupun Pilkada TTS mengaku hingga saat ini rekapan perolehan suara masih nol.

Hal ini disebabkan karena hingga saat ini KPU Kabupaten TTS belum memperoleh formulir model C dari setiap TPS. Hingga saat ini, formulir model C masih direkap di tingkat KPPS. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved