Pelaku Curanmor Paling Disegani di Kota Kupang Buat Pengakuan Mengejutkan, Begini Kisahnya

HT membuat pengakuan yang mengejutkan. Ia pernah menjadi bagian jaringan pencurian kendaraan bermotor yang disegani di Kota Kupang.

Pelaku Curanmor Paling Disegani di Kota Kupang Buat Pengakuan Mengejutkan, Begini Kisahnya
DOK POS KUPANG
Inilah komplotan Bento, yang sering melakukan pencurian sepeda motor (Curanmor) di Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Belu (Atambua). Bento tidak mengenakan baju (paling kanan), berbaju kuning (paling kiri) berinisial J dan di tengah berinisial A. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Hamir Tinenti alias HT masih mendekam di penjara. Pria berusia 54 tahun ini divonis bersalah karena terlibat kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Lebih dari separuh hidupnya ia habiskan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II Kupang.

HT membuat pengakuan yang mengejutkan. Ia pernah menjadi bagian jaringan pencurian kendaraan bermotor yang disegani di Kota Kupang.

Hingga tahun 2010-an, HT menjadi bagian dari jaringan pencurian dan penjualan sepeda motor hasil curian. Saat melakukan aksi di wilayah Kota Kupang, HT dibantu empat rekannya.

"Saat itu kalau ada sepeda motor yang hilang, polisi akan datang dan tanya saya," tutur HT, saat ditemui di LP Kelas II Kupang, Rabu (6/6/2018).

Pos Kupang menemui HT bersama beberapa narapidana (Napi) kasus curanmor atas seizin Kepala LP Kelas II Kupang, Syarif Hidayat.

Baca: Kasus Curanmor Marak di Kota Kupang, Anda Lengah Sepeda Motor Hilang Sekejap

HT menuturkan, pernah sekali waktu, ada empat sepeda motor yang hilang di dua lokasi berbeda. Polisi langsung datang dan bertanya kepadanya.

HT menuturkan, pencurian kendaraan bermotor seperti sepeda motor biasanya dilakukan setelah ada deal dengan pihak yang akan mengambil barang tersebut. Mereka biasanya memastikan dahulu jenis barang dan harganya. Waktunya sangat cepat sepeda motor hasil curian berpindah tangan.

Untuk sepeda motor yang dicuri di wilayah Kota Kupang, lanjut HT, langsung dibawa ke luar kota. Biasanya dibawa ke SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Bahkan ada yang dilarikan sampai ke daerah perbatasan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Baca: BOCOR! Laporan Polisi Ini Tunjukkan Siapa Sebenarnya Lucinta Luna. Ternyata. . .

Di daerah-daerah tersebut sudah ada pembeli yang menunggu. Sebelumnya telah dikontak dan melakukan kesepakatan jual beli.

Halaman
1234
Penulis: Ryan Nong
Editor: Alfons Nedabang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help